5 Tips Investasi untuk Anak Muda yang Penting Diperhatikan

Tips investasi untuk anak muda – Tahukah Anda jika investasi yang ideal adalah yang dilakukan di saat masih muda?. Investasi sama dengan bisnis dimana efektif ketika dilakukan saat masih muda karena energi dan pikiran masih prima. Berbeda saat dilakukan saat sudah tua dimana energi dan pikirannya sudah tidak prima lagi. Dengan berinvestasi di saat masih muda jangka waktu untuk menanam investasi tersebut juga semakin lama sehingga nilai investasinya akan semakin besar. Semakin lambat investasi dilakukan maka keuntungan yang didapatkan juga semakin kecil.

Sebelum usia menginjak kepala tiga sudah sepatutnya Anda untuk memikirkan investasi ini.  Berikut ini ada beberapa tips investasi untuk anak muda yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang:

Mengenal Investasi untuk Anak Muda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal investasi untuk anak muda terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan tidak semua investasi cocok untuk anak muda. Berikut ini ada beberapa list investasi yang cocok untuk anak muda yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Emas Batangan

 Emas Batangan
Emas Batangan

Emas batangan merupakan investasi yang aman dan juga menguntungkan. Selain membeli dengan dana pribadi ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan emas batangan ini yaitu arisan, kredit emas, dan lain sebagainya sehingga Anda akan semakin dimudahkan untuk bisa memiliki emas batangan tersebut. Jangan ragu untuk berinvestasi emas batangan dikarenakan harganya terus merangkak naik. Ketika terjadi penurunan harga pun jangka waktunya tidak akan lama karena akan naik kembali. Emas batangan ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan perhiasan emas, dan lebih cocok dijadikan investasi jangka panjang dibandingkan perhiasan emas. Pembelian emas batangan minimal 5 gram dimana harga minimalnya mulai dari 3 jutaan rupiah.

2. Emas Mini

Inovasi investasi emas yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah emas mini. Investasi emas ini menjadi terobosan baru bagi anak muda yang tidak memiliki cukup finansial untuk membeli emas batangan namun menginginkan sebuah investasi. Jika dulunya investasi pembelian emas batangan hanya dilayani dengan berat minimal 5 gram, namun saat ini emas bisa dibeli dengan berat yang lebih kecil yaitu 0,1 gram. Meskipun bentuknya kecil namun hal ini menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi kecil-kecilan.

Emas Mini
Emas Mini

Hanya dengan menyisihkan uang mulai dari puluhan ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan emas dengan kadar 24 karat. Anda tidak perlu khawatir karena emas tersebut disertai dengan sertifikat bukti kepemilikan sehingga bisa dijual kembali ke toko emas maupun di tempat pembelian awal emas tersebut. Saat ini pun sudah banyak yang menawarkan investasi emas mini ini. Anda hanya perlu memilih penjual emas mini yang legal dan juga terpercaya.

3. Deposito

Deposito BCA
Deposito BCA

Jenis investasi untuk anak muda yang tepat selanjutnya adalah deposito. Deposito ini adalah menyimpan uang di bank dengan periode waktu tertentu. Bedanya dengan tabungan biasa, deposito ini tidak bisa diambil sewaktu-waktu dan baru bisa diambil jika waktu atau periode deposito tersebut berakhir. Risiko menyimpan uang deposito di bank ini pun cukup rendah, sedangkan bunganya lumayan tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Meski pada tahun 2017 lalu bank ramai-ramai menurunkan bunga depositonya, namun besaran bunga tersebut masih lebih besar dibandingkan dengan tabungan biasa. Jika Anda melirik deposito untuk dijadikan investasi simak daftar bunga yang diberikan oleh masing-masing bank berikut ini:

  1. BNI memberikan bunga deposito mulai dari 4,25% sampai dengan 5,75%.
  2. Mandiri memberikan bunga deposito mulai dari 4% sampai dengan 5,75%.
  3. BCA bunga depositonya mulai dari 4,25% sampai dengan 4,5%.
  4. CIMB Niaga bunga sebesar 5,75% untuk semua tenor.
  5. BRI bunga mulai dari 4,25% sampai dengan 6,25%.

Setiap bank memberlakukan minimal setoran awal dan tidak boleh kurang dari jumlah yang ditetapkan. Selain itu semakin besar setorannya dan semakin lama tenornya bunganya pun semakin besar dan keuntungan yang Anda dapatkan juga semakin besar.

4. Reksadana

Reksadana
Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi yang bisa dipertimbangkan dimana dikelola oleh seseorang atau kelompok. Reksadana ini cocok digeluti oleh pemula yang baru memulai untuk berinvestasi. Pengelola reksadana akan mengumpulkan dan menghimpun dana secara kolektif sebelum pada akhirnya disalurkan ke beberapa pilihan investasi seperti saham dan lain sebagainya. Tidak perlu khawatir karena sudah ada MI atau Manajer Investasi yang akan mengelola investasi reksadana Anda.

Pilih Investasi Sesuai dengan Karakter dan Kemampuan

Setelah mengetahui jenis investasi yang cocok untuk anak muda, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pilihlah investasi sesuai dengan karakter. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga tidak semua investasi bisa diikuti sekaligus. Mengenali karakter, kemampuan dan potensi diri ini sangat penting untuk memutuskan jenis investasi yang dipilih. Sebagai contohnya adalah Anda memiliki karakter yang berani dalam mengambil risiko maka reksadana saham menjadi salah satu investasi yang bisa Anda pilih. Namun jika Anda tidak cukup berani dalam mengambil risiko maka investasi emas adalah salah satu pilihan yang tepat.

Pilih Sesuai dengan Kondisi Finansial

Tips investasi untuk anak muda yang bisa dilakukan adalah pilihlah sesuai dengan kondisi finansial. Setiap orang memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda. Jika kondisi finansial pas-pasan jenis investasi yang bisa dipilih adalah reksadana atau emas mini, hal itu dikarenakan hanya dengan modal mulai dari puluhan ribu dan ratusan ribu saja Anda sudah bisa berinvestasi. Namun jika Anda memiliki cukup dana yang memang sudah Anda niatkan  untuk investasi maka deposito, emas batangan, dan saham bisa menjadi pilihan. Ketiga investasi tersebut bisa Anda mulai dengan modal jutaan rupiah. Misalnya saja ingin berinvestasi dengan deposito di bank CIMB Niaga Anda bisa menyetorkan uang minimal 8 juta rupiah dengan tenor mulai dari 1 bulan sampai dengan 12 bulan. Bunga deposito yang bisa Anda dapatkan sebesar 5,75%.

Up to date

Tips yang bisa dilakukan selanjutnya adalah up to date dengan informasi atau berita tentang investasi terbaru. Misalnya saja Anda berinvestasi dengan emas, Anda harus selalu update dengan berita tentang emas ini. Dengan informasi yang up to date Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas tersebut. Ketika harga emas meningkat berkali-kali lipat maka saat itulah Anda bisa menjualnya dan ketika harga emas mengalami penurunan maka saat itu menjadi waktu yang tepat untuk membeli emas kembali.

Selalu Pantau Investasi yang Telah Dilakukan

Selain mengikuti berita atau informasi tentang investasi terbaru, Anda harus selalu memantau investasi yang telah Anda lakukan atau tanamkan. Hal ini berlaku untuk investasi jenis deposito dan juga reksadana. Angka investasi yang Anda tanamkan pada instrumen investasi tersebut akan berubah-ubah setiap waktunya sehingga pemantauan sangat diperlukan di sini.

Demikianlah beberapa tips investasi untuk anak muda yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *