5 Tips Berinvestasi Emas Batangan untuk Pemula yang Harus Dipahami

Tips berinvestasi emas batangan – Investasi emas memang terkenal jauh lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan bentuk investasi barang lain seperti mata uang asing, bangunan ataupun tanah. Hal ini karena nilai emas cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Berbeda dengan tanah ataupun bangunan yang nilainya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lokasi yang strategis, akses jalan, dan sebagainya, emas tak terpengaruh hal semacam itu. Begitu juga dengan investasi mata uang asing yang masih memiliki risiko terkena inflasi.

Seperti yang kita tahu, kegiatan investasi emas tak hanya dilakukan oleh orang yang memiliki banyak uang saja. Bahkan generasi muda yang memiliki pandangan untuk masa depan mereka pun mulai dapat berinvestasi emas. Pasalnya, ada banyak tempat yang menyediakan program tabungan emas, baik itu di bank ataupun di pegadaian. Oleh karena itulah kini siapapun dapat memulai investasi emas dengan mudah.

Tips Investasi Emas Batangan bagi Pemula

Tips Investasi Emas
Tips Investasi Emas

Berbicara tentang emas, tentu tak terlepas dari tips berinvestasi emas batangan bagi pemula. Hal ini karena mayoritas anak muda mulai mencoba menyisihkan sedikit demi sedikit uang mereka demi membeli emas batangan. Sekedar informasi, apabila Anda ingin berinvestasi emas, sebaiknya memilih emas batangan dibandingkan emas perhiasan. Alasannya, emas batangan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan. Inilah alasan mengapa lebih banyak orang yang memandang bahwa emas batangan lebih ideal digunakan untuk berinvestasi.

Kembali pada ulasan mengenai tips apa saja yang harus diperhatikan ketika berinvestasi emas batangan, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Gunakan Teknik Klasik dalam Investasi Emas

Tips pertama yang harus dipertimbangkan adalah menerapkan teknik klasik investasi emas batangan. Maksudnya adalah Anda dapat membeli emas ketika harganya murah kemudian menjualnya ketika harga emas mengalami lonjakan atau kenaikan harga. Sekedar informasi, meskipun dalam setiap tahunnya harga emas mengalami kenaikan, namun ada masa dimana harga emas batangan lebih murah.

teknik investasi emas
teknik investasi emas

Contohnya adalah pada akhir bulan Desember 2017, harga emas batangan menyentuh angka Rp 632.000/gram. Sedangkan pada awal bulan Maret 2018, harga emas adalah Rp 650.000/gram. Dengan patokan harga emas di akhir bulan Desember 2017, maka carilah perbandingan paling kecil dari harga tersebut. Dengan kata lain, Anda harus memantau harga emas tiap harinya. Apabila harga emas menyentuh angka Rp 632.000/gram hingga Rp 635.000/gram pada bulan depan, maka segera beli emas tersebut. Hal ini karena dapat dipastikan untuk pertengahan hingga akhir tahun 2018, harga emas batangan pergramnya akan mengalami kenaikan drastis dibandingkan harga ketika Anda membelinya.

Meski teknik yang satu ini menjanjikan keuntungan berupa kenaikan harga emas batangan, namun ada satu kelemahan yang tak dapat dipungkiri. Kelemahan tersebut adalah waktu investasi yang dibutuhkan terbilang sangat lama, sekitar 5 hingga 10 tahun. Dengan jangka waktu tersebut, maka Anda dapat menikmati hasil jual beli emas batangan.

Tetapkan Tujuan Anda dalam Berinvestasi Emas Batangan

Ketika memutuskan untuk berinvestasi emas batangan, maka berarti Anda berinvestasi dalam jangka panjang. Seperti yang telah dijelaskan di atas, semakin lama jangka waktu investasi emas, maka akan semakin besar pula keuntungan yang mungkin didapatkan dari kenaikan harga emas yang berlipat ganda. Dengan kata lain, sebagai seorang pemula, Anda harus menetapkan tujuan dalam berinvestasi emas batangan.

tujuan investasi batangan
tujuan investasi batangan

Beragam kebutuhan di masa depan seperti menikah, membangun rumah, tabungan hari tua, biaya sekolah anak, dan lain sebagainya dapat memanfaatkan investasi emas batangan yang Anda miliki. Dengan memiliki tujuan jangka panjang dalam investasi emas batangan, maka Anda lebih mampu memotivasi diri untuk terus berinvestasi emas demi mewujudkan tujuan tersebut.

Membeli Emas dengan Menabung

Tips berinvestasi emas batangan yang selanjutnya adalah membeli emas dengan cara menabung. Seperti yang telah dijelaskan di atas, saat ini pihak bank ataupun pegadaian telah memiliki produk tabungan emas sebagai solusi investasi yang ringan dan mudah dilakukan.

membeli emas dengan cara menabung
membeli emas dengan cara menabung

Jadi konsepnya adalah nasabah datang ke bank atau pegadaian dan memilih berapa gram emas yang akan dibeli dengan cara tabungan atau cicilan. Misalnya Anda ingin menabung untuk membeli emas 10 gram. Pada hari itu, harga emas adalah Rp 616.000/gram. Maka total uang yang harus dikumpulkan dalam tabungan adalah sebesar Rp 6.164.000. Pada produk yang satu ini, nasabah dapat menabung semampu mereka hingga lunas atau dengan nominal yang ditentukan oleh bank tergantung tenor atau berapa lama emas tersebut harus dibayar lunas.

Cara yang satu ini memang terbukti cukup efektif demi memacu keinginan dalam berinvestasi emas. Pasalnya, baik pihak bank atau pegadaian sendiri biasanya menerapkan aturan bahwa tabungan untuk pembelian emas tak boleh diambil hingga lunas.

Hanya Lakukan Transaksi Emas di Tempat Terpercaya

Tips yang selanjutnya yakni pastikan melakukan jual beli atau transaksi emas di tempat terpercaya saja. Hal ini karena tak sedikit kasus yang menyebutkan bahwa terdapat penjual emas yang ‘nakal’, dan berpotensi mengurangi kadar emas atau bahkan memalsukan emas batangan yang dibeli. Apabila hal ini terjadi, tentu saja kadar emas yang didapatkan tak akan sesuai ketika nantinya Anda harus menjual kembali emas tersebut.

transaksi emas di tempat terpercaya
transaksi emas di tempat terpercaya

Alih-alih ingin berinvestasi, Anda malah mengalami kerugian. Oleh karena itu, sebagai seorang pemula, pilihlah toko emas terpercaya dan bersertifikat atau langsung memesan emas batangan di pegadaian. Langkah ini akan mengurangi risiko penipuan yang mungkin Anda alami.

Tak Perlu Khawatir dengan Pajak PPh 22

Tips yang keempat adalah jangan terlalu khawatir mengenai pajak dari pembelian emas batangan. Sekedar informasi, banyak orang yang beranggapan bahwa mereka akan terkena PPh (Pajak Penghasilan) 22 saat membeli emas. Padahal pada bulan Oktober 2017 lalu, Ditjen (Direktorat Jenderal) Pajak mengatakan bahwa masyarakat tak perlu lagi khawatir mengenai PPh 22 dalam pembelian emas batangan.

PPh emas
PPh emas

Hal ini juga dibuktikan dengan konfirmasi dari PT Antam terkait pajak emas yang sudah termasuk dalam nominal jual beli emas sehingga tak perlu khawatir mengenai penambahan harga. Meski demikian, PT Antam juga mengaplikasikan berapa persen pajak yang harus dibayar oleh pembeli dengan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan pembeli non-NPWP. Untuk pembeli yang memiliki NPWP, maka pajak yang dikenakan adalah sebesar 0,45 persen. Sedangkan pembeli emas batangan non-NPWP, mereka dikenakan pajak sebesar 0,9 persen dari harga pembelian emas.

Itulah beberapa tips investasi emas batangan yang dapat Anda lakukan. Dengan tips-tips di atas, maka tak ada salahnya bagi Anda untuk mulai berinvestasi dari sekarang. Lantas bagaimana cara menjamin keamanan dari investasi emas yang Anda lakukan? Mengingat tak sedikit kasus pencurian emas yang terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa penyimpanan emas yang disediakan oleh pihak bank ataupun pegadaian. Langkah tersebut akan mengurangi risiko kehilangan emas yang mungkin Anda alami selama menyimpan investasi emas batangan. Semoga ulasan tentang tips berinvestasi emas batangan di atas bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *