5 Kelebihan dan Kekurangan Investasi Antam yang Harus Diketahui

Kelebihan dan kekurangan investasi antam – Investasi emas antam menjadi salah satu investasi yang menguntungkan. Banyak yang memilih untuk investasi emas dikarenakan memiliki risiko yang rendah dibandingkan dengan investasi yang lainnya. Memang untuk investasi jangka panjang emas antam ini lebih cocok dibandingkan dengan yang jenisnya perhiasan. Emas dengan perhiasan akan mudah berubah bentuk dan memudar jika digunakan terus menerus, berbeda dengan emas antam. Selain itu kadar emas antam 24 karat sedangkan emas yang sudah dibentuk menjadi perhiasan ini kadar  emasnya ada yang lebih rendah dari 24 karat, sehingga harga jualnya lebih rendah dibandingkan dengan yang 24 karat.

Bagi yang ingin berinvestasi menggunakan emas sebaiknya mengetahui dengan jelas apa yang menjadi keuntungan dan kelebihannya. Hal itu dikarenakan selama ini banyak masyarakat yang hanya memandang kelebihannya saja bukan dari kekurangannya. Simak beberapa kelebihan dan kekurangan investasi antam yang harus diperhatikan berikut ini:

Harga Fluktuatif

investasi antam
investasi antam

Kelebihan dan kekurangan investasi antam yang pertama adalah harganya yang begitu fluktuatif. Harga emas ini bisa naik dan turun dengan sangat cepat sehingga investasi emas antam ini hanya cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Jangka waktu untuk investasi emas antam minimal 5 tahun karena dengan jangka waktu tersebut investor emas akan mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan jika jangka waktunya kurang dari 5 tahun bisa menyebabkan kerugian sebab harga emas tidak bisa naik dengan maksimal. Mengapa harga yang fluktuatif ini menjadi keuntungan dan kerugian?, hal itu dikarenakan jika harga sedang naik akan mendapatkan keuntungan, sedangkan jika harga emas sedang menurun akan mendapatkan kerugian.

Tidak Cocok untuk Jangka Pendek

Kerugian dari investasi emas antam yang harus diketahui adalah tidak cocok untuk digunakan investasi jangka pendek. Alasannya adalah jangka pendek dengan harga emas yang fluktuatif akan menyebabkan kerugian. Oleh sebab itu emas ini hanya akan mendatangkan keuntungan jika dijadikan investasi jangka panjang minimal 5 tahun ke atas sehingga harga emas benar-benar naik dan menguntungkan bagi investornya.

Kena Pajak

Kena pajak
Kena pajak                  

Yang harus diperhatikan bagi yang ingin berinvestasi dengan emas ini adalah dikenakan pajak. Mulai tanggal 2 oktober 2017 ini PT Antam mengumumkan bahwa pembelian logam mulia akan dikenakan pajak penghasilan. Peraturan ini diberlakukan di seluruh cabang antam yang ada di Indonesia. Tentunya hal ini sangat mengagetkan masyarakat karena selama ini pembelian emas dengan berat berapa pun tidak dikenakan pajak sepeser pun. Masyarakat yang tidak memiliki NPWP akan diberlakukan pajak yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat yang memiliki NPWP. Yang sudah memiliki NPWP pajaknya 0,45% dari harga pembelian emas antam, sedangkan yang belum memiliki NPWP ini pajaknya sebesar 0,9% dari harga emas yang dibeli. Sebagai contohnya emas hari ini harganya adalah Rp578.058 per gramnya, maka harga 5 gram emas adalah Rp2.890.000 maka yang tidak punya NPWP pajaknya Rp26.000 dan yang tidak punya NPWP Rp13.000. Pajak tersebut akan dibebankan saat pembelian emas. Memang jika dilihat dari nominalnya kecil, namun semakin banyak emas yang dibeli tentu saja pajak yang ditanggung semakin besar.

Mudah Dicairkan

Keuntungan investasi emas yang bisa dirasakan oleh semua orang adalah mudah dicairkan. Saat membutuhkan dana dadakan, emas ini akan mudah dijual dan dicairkan menjadi uang sehingga banyak disukai oleh semua orang termasuk ibu rumah tangga. Hal ini tentunya berbeda dibandingkan dengan investasi lainnya dimana pencairannya lebih sulit dan hanya bisa di klaim pada waktu tertentu saja.

Tidak Tergerus Inflasi

Kelebihan investasi emas yang patut untuk dipertimbangkan adalah emas tersebut tidak akan tergerus inflasi. Berbeda dengan tabungan di bank yang mana akan mudah tergerus inflasi. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak orang yang memilih untuk investasi emas dikarenakan lebih stabil dan juga aman.

Cara Investasi Emas Antam Agar Untung

Investasi Emas Antam agar untung

Kelebihan dan kekurangan investasi emas ini bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu untuk berinvestasi dengan emas antam ini harus tahu tips dan juga trik yang dilakukan supaya bisa mendulang keuntungan.  Sebab jika tidak tahu caranya justru kerugian yang akan didapatkan. Sudah menjadi hal lumrah setiap orang yang ingin berinvestasi tentunya ingin mendapatkan keuntungan begitu pula dengan investasi emas ini. Supaya mendapatkan keuntungan, simak cara investasi emas antam yang benar berikut ini:

  1. Cara klasik

Tips investasi emas antam yang pertama adalah bisa menggunakan cara klasik. Cara klasik ini banyak digunakan oleh masyarakat dimana mereka akan membeli emas di saat harga rendah, kemudian menjualnya di harga tinggi. Teknik ini menjadi efektif dikarenakan sudah banyak yang membuktikannya. Misalnya saja adalah membeli emas di tahun 2018 ini kemudian menjualnya setelah 5 tahun atau lebih. Maka harga emas tersebut akan mengalami peningkatan atau kenaikan.

  1. Tabungan emas

Selain dengan cara klasik ada tips rahasia yang bisa dilakukan bagi yang berniat untuk investasi emas yaitu menggunakan tabungan emas. Tabungan emas ini menguntungkan dikarenakan bisa dijadikan sebagai investasi masa depan. Menabung emas ini benar-benar menabung emas bukan menabung uang untuk membeli emas. Misalnya saja adalah setiap bulannya menabung seberat 1 gram emas, kemudian saat tabungan tersebut terkumpul banyak bisa dijadikan untuk membeli berbagai macam kebutuhan yang dibutuhkan. Menabung emas dengan cara seperti ini tidak akan terkena inflasi sehingga tabungan emas akan tetap utuh karena terhindar dari inflasi.

  1. Gadai emas

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk investasi emas antam adalah menggadaikannya. Menggadaikan emas ini menggunakan sistem gadai yang sudah diberlakukan di pegadaian. Hal ini menjadi cara paling jitu bagi yang ingin berinvestasi emas namun juga membutuhkan tambahan modal untuk usaha. Emas yang digadaikan itu uang gadainya bisa dijadikan sebagai modal usaha dan juga bisnis. Kelemahan dari sistem ini adalah jika bisnis atau usaha bangkrut bisa kehilangan emas tersebut.

Investasi Emas Tanpa Biaya Tambahan

Melihat kelebihan dan kekurangan investasi antam yang bagaikan dua sisi mata uang yang saling berhubungan, maka banyak yang berpikir bagaimana cara membeli emas dan berinvestasi tanpa dikenakan biaya tambahan. Terlebih lagi saat ini harus ada pajak yang ditanggung oleh pembeli yang ingin membeli emas antam ini yang mana membuat harga beli menjadi naik. Menariknya kini ada cara investasi emas antam tanpa tambahan biaya yaitu dengan membeli emas secara online. Emas online ini tidak memiliki bentuk fisik sehingga relatif aman dan tidak akan dikenakan pajak. Pajak penghasilan yang harus dibayarkan saat membeli emas ini pun tidak akan diberlakukan saat membeli emas secara online. Investor akan tetap mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga emas yang terjadi.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan investasi antam yang harus diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *