5 Jenis Investasi Pendidikan untuk Masa Depan Anak

Investasi pendidikan untuk masa depan anak harus mulai dipikirkan oleh Anda yang saat ini telah menjadi orang tua. Bagaimanapun, pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dalam hal ini, orangtualah yang bertanggung jawab atas pendidikan anak. Persiapan sudah harus dilakukan setelah si anak lahir. Di era yang sudah sangat modern ini, banyak orangtua yang mulai sadar pentingnya investasi pendidikan. Akan tetapi, orangtua harus pintar memilih investasi yang paling menguntungkan untuk mendukung pendidikan anak kelak.

Ada beberapa jenis investasi pendidikan yang bisa Anda pilih dalam rangka menyiapkan dana pendidikan anak. Berikut adalah 5 jenis investasi pendidikan untuk masa depan anak yang salah satunya mungkin bisa jadi pertimbangan untuk Anda.

Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan Pendidikan Anak
Tabungan Pendidikan Anak

Salah satu jenis investasi pendidikan untuk masa depan anak yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menabung. Anda bisa menabung di Bank. Untuk keperluan tabungan pendidikan, ada beberapa jenis tabungan yang bisa Anda pilih. Anda bisa mengikuti program tabungan biasa atau tabungan khusus untuk pendidikan anak.

Tabungan biasa berarti Anda hanya perlu menabung di bank, tanpa ada ketentuan minimal dan yang lainnya. Anda bisa menabung dengan jumlah sesuka hati dan juga bisa diambil jika ada keperluan mendesak. Jika Anda memilih tabungan ini, Andalah yang harus lebih cermat dan konsisten dalam menabung. Jangan menggunakan uang tabungan yang seharusnya untuk pendidikan anak ke keperluan lain. Jadilah polisi disiplin untuk diri Anda sendiri.

Jika Anda ingin lebih aman dan pasti, Anda bisa membuka tabungan pendidikan. Tabungan semacam ini biasanya berupa tabungan berjangka. Masing-masing bank punya ketentuan masing-masing untuk tabungan pendidikan. Ada yang jangka waktunya dua tahun hingga 18 tahun. Jumlah tabungan pun ditentukan oleh pihak bank dengan memperhatikan kebutuhan Anda.

Apa pun jenis tabungan yang Anda pilih, Anda tetap wajib dan harus menabung untuk persiapan dana pendidikan si kecil. Jika tidak menabung, lakukan investasi yang lainnya.

Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan Anak
Asuransi Pendidikan Anak

Jika Anda ingin persiapan dana pendidikan anak lebih aman, Anda bisa menyerahkan kepada ahlinya. Investasi pendidikan untuk masa depan anak dengan mengambil asuransi pendidikan. Pada umumnya tujuan asuransi pendidikan kurang lebih sama, yaitu melindungi kebutuhan dana pendidikan anak. Sama seperti jenis asuransi yang lainnya, Anda diharuskan untuk membauar premi asuransi setiap bulan. Nantinya, anak akan mendapatkan jaminan biaya pendidikan meski si pemilik asuransi telah meninggal dunia.

Untuk hal-hal tertentu, investasi dengan cara mengikuti program asuransi ini memang sangat baik. Akan tetapi, Anda tentu harus ingat bahwa asuransi punya syarat dan ketentuannya sendiri yang harus disepakati oleh masing-masing pihak. Jika Anda menyalahi perjanjian, Anda akan mendapatkan penalti. Oleh karena itu, coba lebih teliti dalam memilih program asuransi pendidikan. Cari tahu kelebihan dan kekurangan asuransi yang akan Anda pilih.

Membuka Tabungan Deposito

Tabungan Deposito

Jika Anda ingin lebih disiplin dalam menabung, Anda bisa memilih tabungan deposito. Ini juga bisa menjadi salah satu langkah tepat untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Deposito masuk ke dalam jenis tabungan berjangka. Pengambilan uang yang Anda depositokan terikat dengan waktu yang sudah disepakati di awal. Jadi, tidak bisa asal ambil.

Keuntungan dari tabungan deposito adalah Anda akan mendapatkan keuntungan dari bunga tiap tahunnya. Semakin lama jangka waktu yang Anda ambil, bunganya pun akan semakin besar. Ini tentu bisa menjadi pilihan untuk investasi pendidikan untuk masa depan anak.

Investasi Properti

properti Tanah

Kalau Anda ingin berinvestasi dan mendapatkan keuntungan sekaligus, Anda bisa memilih investasi properti. Investasi properti yang paling banyak dipilih adalah investasi tanah. Seperti yang Anda tahu, kebutuhan tanah untuk setiap tahunnya akan terus meningkat, Akan tetapi, jumlah tanah justru akan terus menyempit. Sesuai dengan hukum permintaan, harga tanah pun akan terus naik berlipat-lipat setiap tahunnya.

Yang membuat bisnis tanah ini semakin menguntungkan adalah tanah yang dijadikan investasi ini bisa didirikan bangunan sehingga akan semakin mendongkrak penjualan. Meski begitu, yang perlu Anda perhatikan adalah bisnis investasi properti ini membutuhkan kesabaran karena proses menjual kembali tanah tidak secepat produk komoditas lainnya.

Investasi Reksadana

Anda tertarik dengan investasi tetapi tidak punya banyak pengalaman? Coba dulu investasi reksadana. Reksadana ini dikelola oleh perusahaan managemen investasi. Oleh karena itu, yang Anda perlukah hanya menyetor sejumlah uang saja. Dalam hal ini, perusahaan investasi akan mengelola uang Anda dengan lebih transparan. Keuntungan lain dari investasi reksadana adalah uang Anda bisa ditarik lagi kapanpun sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Demikian adalah 5 jenis investasi pendidikan untuk masa depan anak. Tak perlu menjalankan kelima-limanya, pilih saja salah satu yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan paling menguntungkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *