5 Investasi yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga – Ibu rumah tangga identik dengan pekerjaan mengurus rumah tangga, sehingga banyak yang menganggap jika menjadi ibu rumah tangga ini tidak memiliki penghasilan. Padahal jika ibu rumah tangga tahu caranya, ada beberapa bisnis maupun investasi yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Uang yang di investasikan ini akan jauh lebih berkembang dibandingkan dengan yang hanya disimpan di dalam rumah. Uang yang disimpan dalam bentuk mentahan akan mudah habis dibandingkan dengan yang di investasikan.

Terlebih lagi di saat harga kebutuhan pokok semakin meningkat seperti saat ini, ibu rumah tangga dituntut untuk memiliki pribadi yang ahli dalam segala hal. Tidak hanya untuk mengurusi pekerjaan rumah namun juga dalam hal keuangan. Selain bisa memanajemen keuangan keluarga dengan baik, ibu rumah tangga juga harus bisa memperbanyak keuangan dengan cara investasi. Bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, simak beberapa daftar investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga berikut ini:

Investasi Emas

Investasi Emas
Investasi Emas

Salah satu investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan adalah berinvestasi emas. Siapa yang tidak suka dengan kilau emas?, tentu semua orang sangat menyukai kilaunya. Selain kilaunya yang memukau, emas ini menjadi investasi yang paling efektif. Hal itu dikarenakan emas tidak akan tergerus oleh inflasi dan nilainya akan terus bertambah seiring perkembangan waktu. Investasi emas yang menguntungkan adalah yang bentuknya batangan.  Emas batangan jika disimpan tidak akan mudah berubah bentuk dan nilainya aka terus bertambah naik. Selain itu emas batangan memiliki kadar 24 karat sehingga harga jualnya akan menjadi tinggi. Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan adalah emas ini mudah dijual sehingga ketika membutuhkan uang dadakan ibu rumah tangga bisa mudah menjualnya.

Kerugian dari investasi emas ini adalah hanya bisa dijadikan sebagai investasi jangka pendek dan tidak ada keuntungan bertahap yang bisa didapatkan oleh ibu rumah tangga. Hal ini berbeda dengan investasi saham yang mana ada pembagian keuntungan secara berkala.

Reksadana

Reksadana ini menjadi salah satu investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga karena hanya mengawasi jalannya investasi. Sedangkan yang menjalankan investasi tersebut adalah Manajer Investasi. Reksadana sendiri merupakan kumpulan dari dana investor yang mana dibagi ke beberapa instrumen investasi yaitu obligasi, saham, deposito, dan lain sebagainya. Dengan adanya Manajer Investasi tersebut ibu rumah tangga tidak perlu memantau pergerakan pasar sebab hal tersebut sudah dilakukan oleh Manajer Investasi sendiri. Ibu rumah tanga bisa membeli reksadana ini dengan modal yang tidak banyak yaitu mulai dari 100 ribu rupiah saja ibu rumah tangga sudah bisa berinvestasi dengan reksadana ini.

Investasi Reksadana Syariah
Investasi Reksadana Syariah

Keuntungan investasi reksadana adalah dengan pengetahuan minim ibu rumah tangga bisa menanam modal di reksadana. Dana yang dikeluarkan untuk bergabung dengan investasi reksadana ini cukup murah tidak sampai jutaan rupiah seperti investasi lainnya. Mudah untuk pembeliannya karena saat ini sudah ada pembelian reksadana dengan cara online. Selain itu bagi yang mencari investasi untuk jangka panjang maka reksadana ini bisa menjadi pilihan. Kerugian berinvestasi dengan reksadana ini adalah ada biaya yang ditanggung cukup tinggi seperti biaya manajemen, penjualan dan pembelian, bank custodian. Kerugian lainnya adalah nilai return begitu fluktuatif sehingga terdapat risiko yang tinggi karena akan mengikuti pasar modal.

Properti

Investasi property
Investasi property

Investasi paling aman dan cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan adalah properti. Properti ini merupakan investasi yang menggiurkan dari waktu ke waktu karena bisa memberikan keuntungan jangka pendek maupun jangka panjang. Contoh properti yang menarik untuk dijadikan investasi adalah tanah, rumah maupun apartemen. Properti bisa dijadikan investasi jangka pendek jika disewakan sehingga dalam jangka waktu tertentu ibu rumah tangga bisa mendapatkan hasilnya setiap bulan atau tahun. Sedangkan untuk jangka panjang properti ini pun bisa sangat menggiurkan karena seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa nilai properti tidak akan pernah turun namun akan terus merangkak naik dikarenakan banyak yang membutuhkannya.

Meski memiliki beberapa kelebihan bisnis properti ini ada kekurangannya yaitu nilai properti akan menjadi tidak berharga sama sekali jika pernah terjadi kasus kriminal misalnya saja adalah pembunuhan atau bunuh diri. Properti yang pernah mengalami kejadian pembunuhan atau bunuh diri nilainya akan merosot drastis dikarenakan kehilangan peminat dan banyak yang tidak berani untuk tinggal dan membeli properti tersebut.

Cara Berinvestasi yang Tepat

Tidak semua jenis investasi cocok bagi ibu rumah tangga karena tidak semua karakteristik investasi cocok dengan latar belakang atau kondisi si ibu rumah tangga. Agar ibu rumah tangga berhasil dengan investasi yang dilakukan, ada beberapa tips yang harus dilakukan seperti berikut ini:

  1. Pilih sesuai kebutuhan

Cara berinvestasi yang tepat khusus ibu rumah tangga adalah pilihlah investasi sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu sebelum memilih investasi ibu rumah tangga harus memahami kebutuhannya terlebih dahulu apakah membutuhkan dana untuk jangka panjang atau jangka pendek.  Jika ibu rumah tangga membutuhkan dana dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun maka pilihlah investasi yang memiliki risiko rendah dan mudah untuk dijual kembali seperti emas dan juga reksadana. Untuk kebutuhan dana jangka menengah ibu rumah tangga bisa memilih produk investasi yang memiliki risiko dan potensi keuntungan yang lebih tinggi yaitu memilih reksadana jenis pasar uang dan campuran. Sedangkan jika ibu rumah tangga membutuhkan dana untuk jangka panjang misalnya untuk tabungan di hari tua atau pendidikan anak maka investasi jenis properti ini bisa dipilih.

  1. Update infomasi

Setelah menemukan jenis investasi yang cocok, ibu rumah tangga harus selalu mengupdate informasi yang berhubungan dengan jenis investasi yang dipilihnya. Misalnya saja adalah ibu rumah tangga memilih investasi emas, maka harus selalu update informasi berkaitan dengan emas ini salah satunya adalah naik dan turunnya harga emas. Begitu pula dengan properti, harus tahu berapa harga properti terkini untuk mengantisipasi kerugian dikarenakan tidak update soal harga.

Pentingnya Investasi Bagi Ibu Rumah Tangga

Memang yang bertugas dalam hal keuangan keluarga adalah suami, namun tidak ada salahnya ibu rumah tangga menawarkan bantuan finansial dengan melakukan investasi. Di saat kebutuhan serba meningkat seperti saat ini membuat gaji saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Hal itu dikarenakan kebutuhan keluarga yang meningkat tidak disertai dengan pendapatan yang meningkat. Saat itulah peran ibu rumah tangga diperlukan, tidak hanya untuk bijak dan cermat dalam mengelola keuangan, namun juga menghasilkan pemasukan tambahan untuk keluarga. Salah satu cara yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk membantu keuangan keluarga adalah dengan mengikuti investasi. Dengan investasi ini ibu rumah angga masih tetap bisa menjalankan perannya sambil terus memantau nilai investasi yang dimilikinya.

Semoga dengan beberapa contoh investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga yang disebutkan di atas membuat banyak ibu rumah tangga semakin sadar untuk mengikuti investasi sesuai dengan kebutuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *