5 Cara Investasi Emas di Pegadaian yang Menguntungkan

Cara investasi emas di pegadaian adalah salah satu hal yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin mencoba menginvestasikan modal demi kepentingan keuangan di masa depan. Investasi emas di pegadaian sendiri berbentuk fisik atau emas batangan namun memiliki berbagai fasilitas yang dijamin oleh pihak pegadaian ketika seseorang membelinya. Hal ini tentu saja menguntungkan karena selama ini meskipun emas dikenal sebagai jenis investasi yang sangat menguntungkan investor, namun emas batangan sangat rawan hilang karena pencurian. Dengan berinvestasi emas di pegadaian, maka segala bentuk keamanan akan ditanggung oleh pihak pegadaian sendiri.

Lantas bagaimanakah cara investasi emas di pegadaian? Daripada Anda penasaran, simak ulasan berikut ini.

Menitipkan Emas di Pegadaian

Cara pertama adalah dengan menitipkan emas di pegadaian. Pada cara yang satu ini, Anda tidak membeli emas di pegadaian namun hanya menggunakan pihak pegadaian dalam menyimpan emas batangan yang Anda miliki. Di pegadaian sendiri, emas Anda akan disimpan serta diasuransikan sehingga Anda tak perlu lagi khawatir jika terjadi hal yang diinginkan pada emas tersebut.

emas di pegadaian
emas di pegadaian

Lalu berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk menitipkan emas di pegadaian? Adapun biaya yang dibutuhkan relatif terjangkau yakni sekitar Rp 20.000/100gram emas dan dibayarkan setiap bulan. Jadi misalnya apabila Anda ingin menitipkan emas seberat 1 kilogram di pegadaian, maka biaya yang dibutuhkan perbulannya adalah Rp 200.000 saja.

Membeli Emas dengan Cara Mencicil

Cara investasi emas di pegadaian yang selanjutnya adalah membeli emas dengan cara mencicilnya. Ini adalah salah satu cara yang paling tepat bagi Anda yang memiliki pendapatan atau kondisi keuangan yang pas-pasan namun ingin berinvestasi emas.

Langkah yang harus dilakukan adalah Anda hanya perlu mendatangi kantor pegadaian terdekat. Setelah itu, pilihlah jenis logam mulia yang diinginkan. Di sini, Anda dapat memilih emas batangan dengan karat yang berbeda-beda. Semakin tinggi karat yang dimiliki oleh emas tersebut, maka akan semakin mahal pula harga belinya.

Sebagai informasi, dalam mencicil emas di pegadaian Anda perlu membayar uang muka terlebih dahulu. Besaran uang muka tersebut antara 20% hingga 30% dari total nilai emas di hari yang sama.

Membeli Emas dengan Cara Mencicil
Membeli Emas dengan Cara Mencicil

Contohnya adalah saat Anda ingin membeli emas 24 karat seberat 100  gram, dan harga emas 24 karat pergramnya saat itu adalah sebesar Rp 500.000, maka uang muka yang harus dibayarkan adalah antara 10 juta rupiah hingga 15 juta rupiah.

Saat mencicil emas di pegadaian, Anda juga dapat memilih jangka waktu yang dibutuhkan untuk melunasi emas tersebut. Jangka waktu yang biasanya disediakan oleh pihak pegadaian dalam investasi emas adalah dari 3 bulan hingga 36 bulan.

Apabila nantinya Anda telah melunasi semua cicilan, maka dalam jangka waktu sekitar 1 hingga 2 minggu terhitung setelah pelunasan, maka Anda akan menerima emas tersebut. Satu hal lain yang perlu Anda tahu. Selain datang ke kantor pegadaian, saat ini Anda sudah dapat melakukan cicilan emas melalui website resmi pegadaian. Dengan begitu, maka langkah investasi emas di pegadaian akan semakin mudah.

Tabungan Emas

Cara selanjutnya adalah tabungan emas. Maksudnya adalah Anda dapat membeli emas pada pihak pegadaian, kemudian dititipkan dan diuangkan. Hal ini dapat diartikan bahwa Anda mengambil tabungan emas tersebut.

Masih bingung? Jadi contohnya seperti ini. Anda berinvestasi emas di pegadaian dengan cara kredit atau cicilan. Ternyata di tengah jangka waktu penulasan ternyata Anda membutuhkan uang. Nah, uang yang telah Anda gunakan untuk kredit emas di pegadaian itulah yang dapat diambil. Dengan konsekuensi bahwa Anda tak akan mendapatkan emas karena mengambil uang cicilan pada waktu yang tidak disepakati dalam perjanjian.

Tabungan Emas
Tabungan Emas

Saat ini, produk tabungan emas sudah banyak diterapkan baik oleh pegadaian ataupun bank-bank syariah. Cara yang satu ini memberikan kemudahan yang sangat banyak karena dengan berinvestasi emas minimal sebesar Rp 5.000/hari saja, Anda dapat memiliki emas seberat 0,01 gram. Untuk harga emas tersebut tentunya disesuaikan dengan harga emas di hari yang sama.

Arisan Emas di Pegadaian

Cara investasi emas di pegadaian yang selanjutnya adalah dengan arisan emas. Bagaimana maksudnya? Jadi seperti ini. Dalam pembelian emas, pihak pegadaian sendiri menawarkan beberapa metode yakni secara tunai, kredit/cicilan, ataupun kolektif.

Investasi emas secara kolektif yang dimaksudkan adalah emas dapat dibeli dengan cara sharing modal dari beberapa orang. Dengan begitu, dengan mengumpulkan sedikit uang dari masing-masing orang, maka Anda dapat memiliki emas batangan. Inilah yang membuat kegiatan arisan emas cukup menarik. Setidaknya saat ini sudah ada banyak sekali acara arisan yang uangnya dikumpulkan untuk investasi emas di pegadaian.

Titip-Jual Emas di Pegadaian

Untuk cara yang terakhir, Anda dapat menggunakan langkah titip-jual emas dalam hal konsinyasi emas di Pegadaian. Cara yang ini mungkin tak dapat dikategorikan sebagai langkah investasi karena sifatnya menjual emas, bukan untuk investasi jangka panjang. Namun tetap saja cara ini  akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Titip-Jual Emas di Pegadaian
Titip-Jual Emas di Pegadaian

Jadi langkahnya adalah seperti ini. Ketika Anda menitipkan emas di pegadaian, saat itu juga Anda dapat mendaftarkan emas titipan dalam program konsinyasi pegadaian. Ketika emas titipan sudah terdaftar dan pada saat tertentu ternyata ada orang lain yang ingin membeli emas tersebut, maka pihak pegadaian dapat menjualnya. Hanya saja pembeli harus membayar dengan cara tunai, bukan melalui kredit.

Untuk setiap konsinyasi emas, akad yang disepakati adalah selama 3 bulan. Apabila dalam jangka waktu 3 bulan emas tak kunjung terjual, maka dapat diperpanjang dengan akad baru untuk 3 bulan selanjutnya. Memilih cara investasi emas yang satu ini memang terkenal cepat dan mudah.

Keuntungan Berinvestasi Emas di Pegadaian

Seperti yang kita ketahui bersama, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan berinvestasi emas di pegadaian. Pertama, setiap langkah investasi akan mendapatkan jaminan legalitas. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tentu saja PT. Pegadaian akan selalu menjaga kredibilitasnya. Dengan kata lain semua tindakan penipuan terkait investasi tak akan Anda jumpai di sini.

Kedua, semua langkah investasi emas dengan cara kredit/cicilan akan mendapatkan fasilitas keamanan dari pihak pegadaian. Fasilitas keamanan tersebut berlaku hingga emas benar-benar menjadi milik investor secara resmi. Jadi misalnya Anda berinvestasi dengan cara kredit emas selama 3 tahun, maka selama itu pula keamanan emas dijamin oleh pegadaian.

Berinvestasi Emas di Pegadaian
Berinvestasi Emas di Pegadaian

Ketiga, investasi emas dapat dikategorikan sebagai investasi syariah yang halal karena tak melanggar prinsip muamalati dalam Islam. Dengan demikian, apabila Anda ingin berinvestasi secara halal, maka investasi emas menjadi alternatif terbaik yang harus dipertimbangkan.

Dengan mengetahui beberapa keuntungan yang ditawarkan tersebut, kini saatnya bagi Anda untuk memulai investasi emas demi mengamankan kondisi ekonomi di masa yang akan datang. Demikian sedikit ulasan tentang cara investasi emas di pegadaian, semoga bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara investasi emas di pegadaian -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *