4 Strategi Analisis SWOT dan Pengertiannya

Strategi analisis SWOT – Bisnis tanpa melakukan analisa SWOT bagaikan sayur tanpa garam. Banyak bisnis yang sukses dikarenakan bisa menganalisa SWOT dengan tepat. SWOT ini merupakan analisa tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman yang mana jika disusun secara matang bisa digunakan sebagai strategi bagi perusahaan. Mengapa analisis SWOT ini penting?, alasannya adalah dalam bisnis terdapat tujuan-tujuan yang ingin dicapai sehingga dibutuhkan strategi yang mana digunakan untuk bisa membantu dalam mewujudkan tujuan bisnis tersebut. Analisis tersebut juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dalam jangka panjang.

Pengertian SWOT

Sebelum Anda tahu seperti apa strategi analisis SWOT ini alangkah baiknya jika Anda memahami arti dari SWOT tersebut terlebih dahulu. Berikut ini adalah arti dari SWOT yang perlu Anda ketahui:

  1. Strength

S dari SWOT artinya adalah strength yaitu kekuatan. Anda bisa menganalisa kekuatan atau kelebihan dari bisnis yang Anda jalankan tersebut. Dengan menganalisa kekuatan ini Anda akan tahu senjata apa yang bisnis Anda miliki untuk melawan kompetitor.

  1. Weakness

Weakness ini memiliki arti berupa kelemahan. Kelemahan ini bisa dimiliki oleh semua bisnis baik skala besar maupun kecil.

  1. Opportunities

Opportunities ini disebut juga dengan peluang atau bisa juga disebut dengan kesempatan. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan menganalisa peluang atau kesempatan dengan sebaik-baiknya.

  1. Treat

Treat memiliki arti ancaman. Ancaman inilah yang harus diwaspadai karena akan bisa menyebabkan bisnis tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya bahkan bisa membuat bisnis menjadi gulung tikar.

Strategi Analisis

Analisis SWOT
Analisis SWOT

Setelah mengetahui arti dari SWOT itu sendiri, Anda bisa menentukan strategi analisis SWOT yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Analisis SWOT yang tepat ini sangat penting untuk kelangsungan dan berkembangnya bisnis yang digeluti. Berikut ini adalah strategi analisis SWOT yang bisa Anda terapkan dalam bisnis:

  1. Strategi analisis strength

Strategi analisis pertama yang harus Anda ketahui adalah strength atau kekuatan. Tentu bisnis Anda memiliki kekuatan atau kelebihan dibandingkan dengan kompetitor. Cari tahu kekuatan dan kelebihan apa saja yang bisnis Anda miliki. Untuk menentukan kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh bisnis Anda bisa menganalisisnya seperti kelebihan apa yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan Anda, misalnya saja adalah Anda menjual produk atau jasa dengan harga yang kompetitif, varian barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen lebih beragam, dan lain-lain. Setelah itu analisislah apa yang membuat bisnis atau perusahaan Anda lebih baik dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Misalnya saja jika kompetitor tidak buka pada hari libur dan libur nasional, bisnis Anda tetap melayani pada hari libur dan libur nasional sehingga hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi bisnis Anda. Tidak hanya itu saja keunikan apa yang dimiliki oleh bisnis Anda, misalnya saja adalah bisnis Anda menjual barang dengan limited edition sehingga tidak akan ditemukan pada bisnis lain.

Anda juga perlu melakukan analisis bagaimana cara bisnis Anda akan mendapatkan penjualan, dan yang terakhir adalah Anda perlu menganalisis bagaimana feedback dari konsumen apakah puas dengan produk atau jasa yang ditawarkan dan lain sebagainya. Feedback dari konsumen ini sangat penting bahkan kini marketplace besar, hotel, maupun restoran yang sudah berbintang selalu memperhatikan apa yang dirasakan konsumen. Jika ada konsumen yang kurang puas dengan layanan dan produk yang dijual maka mereka akan segera memperbaikinya. Oleh sebab itu feedback dari konsumen ini sangat penting sekali untuk diketahui.

  1. Strategi analisis weakness

Weakness adalah kelemahan. Selain kekuatan Anda juga harus bisa menganalisis kelemahan bisnis Anda tersebut. Kelemahan akan menjadi nilai negatif bagi bisnis karena dari celah ini kompetitor akan memanfaatkannya untuk bisa bersaing dengan bisnis Anda. Untuk bisa menjalankan strategi ini Anda bisa melakukan analisa sekiranya apa yang membuat bisnis kehilangan penjualan. Penjualan ini sangat penting dalam bisnis, kehilangan penjualan sama saja membuat bisnis kehilangan pemasukan.

Bisnis yang memiliki laporan keuangan yang baik akan mudah terlihat apakah setiap bulannya pemasukan meningkat atau menurun, jika menurun pasti ada sesuatu yang salah dengan bisnis tersebut. Feedback konsumen di sini juga sangat untuk menganalisa weakness. Hal itu dikarenakan kelemahan bisnis di mata konsumen perlu diperbaiki. Menganalisa kelemahan ini juga bisa dilihat dari segi kompetitor, kira-kira kelebihan apa yang dimiliki oleh kompetitor yang mana tidak dimiliki oleh bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa terus memperbaiki kelemahan yang ada pada bisnis Anda.

  1. Strategi analisis opportunities

Bisnis yang berkembang adalah yang bisa memanfaatkan peluang dengan baik. Sebagus apapun bisnisnya jika tidak bisa menganalisa peluang dengan baik maka sulit sekali bagi bisnis tersebut untuk berkembang. Dengan melakukan analisa peluang dengan tepat Anda bisa memanfaatkannya. Untuk bisa melakukan strategi ini Anda bisa menganalisa kira-kira peluang apa yang saat ini muncul dimana sesuai dengan bisnis Anda tersebut. Ambil peluang dengan sebanyak-banyaknya supaya bisa membuat bisnis Anda berkembang lebih baik lagi.

Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan saat ini adalah peluang akan jasa kirim makanan yang sedang ngetrend. Memesan makanan dan mengirimnya menggunakan jasa ojek online sedang tren di tengah masyarakat akan sejalan dengan bisnis Anda jika bisnis Anda tersebut berhubungan dengan kuliner atau makanan. Akan sangat disayangkan sekali jika Anda tidak memanfaatkan kesempatan atau peluang ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

  1. Strategi analisis treat

Analisis yang terakhir adalah treat atau ancaman. Ancaman ini perlu dianalisis dan juga diwaspadai karena bisa menghambat bisnis yang sedang dijalankan dan jika tidak bisa diatasi akan menyebabkan bisnis menjadi gulung tikar. Untuk bisa menganalisa ancaman apa saja yang bisa muncul Anda bisa menganalisa hambatan apa saja yang dihadapi oleh bisnis. Misalnya saja adalah bisnis Anda berhubungan dengan produk kerajinan, hambatan yang bisa dihadapi oleh bisnis Anda adalah minimnya bahan baku, proses pengerjaan yang rumit, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja ada beberapa analisa yang bisa Anda lakukan misalnya apa yang dilakukan pesaing untuk bersaing dengan bisnis Anda, adakah perkembangan teknologi yang bisa menjadikan bisnis menjadi terancam, selain itu apakah pemerintah  memiliki regulasi yang berubah dimana hal tersebut bisa membahayakan bisnis Anda.

Pentingnya Analisis SWOT

Analisis SWOT ini tidak hanya berguna untuk membuat bisnis lebih berkembang saja, namun dibutuhkan dalam makalah bisnis. Makalah bisnis tersebut berguna untuk mencari investor yang mana mau menanamkan modalnya di bisnis Anda. Jika Anda kekurangan modal maka makalah bisnis ini bisa Anda buat. Untuk bisa menarik hati investor Anda harus bisa membuat makalah dengan baik, bagus dan benar. Salah satunya dengan memberikan analisis SWOT di dalam makalah bisnis tersebut. Dengan analisis tersebut investor bisa tahu apakah dirinya akan menanamkan modalnya di bisnis Anda atau tidak.

Demikianlah strategi analisis SWOT yang penting untuk dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *