4 Jenis Investasi Properti Untung Besar yang Harus Dipertimbangkan

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis investasi demi mendapatkan banyak keuntungan, tentu saja harus menjadi jenis investasi properti untung besar. Mengapa? Hal ini karena bisnis properti menjadi salah satu lahan investasi yang sangat menggiurkan dan menjanjikan keuntungan yang sangat besar jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Tak hanya itu saja, semakin berkurangnya lahan, bisnis investasi properti dinilai paling tepat untuk dijalankan.

Alasan lain mengapa investasi properti menjadi rekomendasi utama bagi Anda yang sedang mencari kegiatan bisnis adalah investasi properti dinilai lebih aman. Tak hanya itu saja, jenis bisnis ini pun dapat dikategorikan sebagai bisnis anti inflasi karena nilainya setiap tahun akan bertambah. Hanya saja, dalam menjalankan bisnis ini, butuh modal yang sangat besar. Namun semua itu tergantung dari bagaimana cara Anda dalam menyiasati suntikan modal yang dibutuhkan dalam bisnis investasi properti.

Inilah Jenis Investasi Properti dengan Keuntungan yang Besar

Berbicara tentang jenis investasi properti untung besar, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai beberapa investasi yang dapat Anda coba lakukan dengan jaminan keuntungan yang sangat besar. Kebanyakan investasi berikut ini dilakukan oleh individu. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pertama: Investasi Tanah

Investasi Tanah
Investasi Tanah

Membeli sebidang tanah yang bertujuan sebagai investasi memang terbilang mudah. Hanya saja, Anda juga harus melakukan pemeriksaan terhadap legalitas dari tanah yang ingin Anda beli tersebut. Setidaknya pastikan bahwa nama pemilik tanah sesuai dengan nama yang terdapat pada sertifikat tanah tersebut. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran pasti dari tanah yang ingin dijual. Dengan begitu, maka kemungkinan besar Anda tidak akan tertipu dan yakin bahwa tanah yang ingin Anda beli sebagai lahan investasi tersebut adalah legal.

Adapun saran agar tanah yang telah Anda beli untuk investasi cepat laku dan tentunya memiliki harga jual yang mahal, maka pastikan Anda berinvestasi pada tanah yang strategis, terutama lokasi tanah tersebut. Di samping itu, Anda dapat memilih tanah yang di sekitarnya masih dipenuhi dengan lahan kosong. Hal ini karena tanah yang seperti itu memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan tanah yang ada di sekitar tempat padat penduduk.

Namun apabila modal investasi tanah yang Anda miliki terbilang cukup banyak, maka tak ada salahnya membeli tanah di area padat penduduk. Tanah padat penduduk memang memiliki harga yang lebih tinggi, namun dapat dipastikan lebih cepat laku karena banyak yang mencarinya.

Kekurangan dari jenis investasi properti yang satu ini adalah ketika tanah yang dimiliki terlalu luas, maka Anda pun akan lebih sulit untuk menjualnya. Meski demikian, Anda tetap dapat menyiasatinya dengan menjual tanah tersebut menjadi tanah kavling.

2. Kedua: Menyewakan Bangunan Rumah

Menyewakan Bangunan Rumah
Menyewakan Bangunan Rumah

Jenis investasi properti yang selanjutnya adalah dengan menyewakan bangunan rumah. Ini adalah salah satu jenis investasi di bidang properti yang paling laris dan banyak diminati. Hal ini karena keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis properti berupa penyewaan rumah terbilang cukup besar.

Untuk hitungan keuntungan bersih yang rata-rata diperoleh dari jenis investasi properti ini adalah sekitar 3% hingga 5% setiap tahunnya. Bahkan tak sedikit penyewaan rumah yang dapat memperoleh keuntungan hingga 15% pertahun. Hal ini karena rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok sehingga dijamin tak akan sepi peminat. Meski demikian, Anda juga harus mempertimbangkan lokasi bisnis ini. Semakin strategis lokasi yang rumah tersebut, maka Anda dapat mematok harga yang lebih tinggi.

Apabila dibandingkan dengan jenis investasi berupa tanah, keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis penyewaan rumah terbilang hampir sama. Hanya saja, untuk penyewaan rumah, Anda dapat merasakan keuntungan jangka panjang. Tidak instan seperti halnya ketika menjual tanah. Selain itu, jika investasi properti dalam bentuk tanah memiliki biaya peratawan yang minim, berbeda dengan investasi rumah yang pasti membutuhkan banyak biaya untuk perawatan. Terlebih apabila rumah Anda tersebut disewa oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

3. Ketiga: Bisnis Indekos

Bisnis Indekos

Jenis investasi properti lain yang juga dapat lakukan adalah bisnis indekos. Keuntungan yang dimiliki oleh bisnis yang satu ini dapat dikatakan lebih besar jika dibandingkan dengan penyewaan rumah. Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh bisnis ini adalah Anda dapat memperoleh pendapatan tambahan dengan cara membuka kios laundry, catering, dan sebagainya. Untuk bisnis properti yang satu ini, tempat paling cocok dan strategis yang dapat Anda pilih adalah daerah perkantoran serta kampus. Di daerah tersebut, dapat dipastikan akan ada banyak penyewa kamar kos yang Anda tawarkan.

4. Keempat: Investasi Kondominium dan Apartemen

Investasi Apartemen
Investasi Apartemen

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kebutuhan manusia akan tempat tinggal akan meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini juga dipengaruhi oleh semakin sedikitnya lahan untuk ditempati. Untuk itulah, bisnis properti berupa kondominium dan apartemen menjadi salah satu solusi terbaik yang harus Anda pertimbangkan.

Hanya saja, dalam menjalankan bisnis properti ini Anda harus lebih teliti dalam memilih apartemen dan kondominium. Mengapa? Karena ketika Anda salah dalam berinvestasi pada apartemen dan kondominium, maka akan sangat susah untuk mendapatkan hasil maksimal. Contonya adalah lokasi yang tidak strategis ataupun memiliki masalah manajemen gedung yang tidak baik.

Keuntungan Memilih Investasi Properti

 Investasi Properti
Investasi Properti

Setelah mengetahui apa saja jenis investasi properti modal kecil, kini Anda harus tahu tentang apa saja keuntungan yang dapat diperoleh ketika menjalankan bisnis yang satu ini. setidaknya terdapat 3 keuntungan yang paling mendasar terhadap bisnis investasi properti, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Rendah Risiko

Keuntungan yang pertama adalah investasi properti dapat dikategorikan sebagai investasi dengan risiko rendah. Meski demikian, tak dapat dipungkiri bahwa keuntungan yang diperoleh sangat besar. Hal ini karena pergerakan nilai dari investasi properti sendiri tidak seperti saham yang cepat naik dan cepat pula turun. Dengan kata lain, jenis investasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan bisnis dengan sedikit risiko.

2. Keuntungan yang Meningkat Setiap Tahun

Investasi properti dapat dipastikan akan memiliki nilai yang meningkat dari tahun ke tahun. Contoh paling sederhana adalah ketika menyewakan rumah ataupun kos. Harga setiap tahun yang harus dibayar oleh penyewa tentu akan naik. Hal ini juga berlaku untuk investasi properti berupa tanah kosong. Harga setiap tahunnya juga akan mengalami peningkatan karena semakin lama, lahan kosong yang ada juga akan semakin sedikit. Investasi ini akan sangat bermanfaat ketika Anda manfaatkan sebagai aset ketika Anda pensiun dari pekerjaan kelak.

3. Sebagai Proteksi terhadap Inflasi

Keuntungan yang ketiga adalah investasi properti menjadi salah satu proteksi yang Anda miliki ketika terjadi inflasi. Berbeda dengan investasi berupa saham yang bergantung pada nilai tukar, investasi properti bahkan dapat dikatakan anti inflasi. Jadi bagi Anda yang ingin berinvestasi tanpa takut mengalami risiko terjadinya inflasi, maka jenis investasi properti menjadi solusi terbaik yang harus Anda pertimbangkan.

Setidaknya itulah sedikit ulasan tentang jenis investasi properti untung besar serta berbagai keunggulannya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *