4 Investasi Reksadana Syariah untuk Pemula dan Keuntungannya

Bagi para investor pemula yang ingin mendapatkan hasil investasi secara halal, mengetahui tentang investasi reksadana syariah untuk pemula adalah hal penting yang harus dilakukan. Mengapa? Hal ini agar Anda tidak salah memilih perusahaan reksadana yang tidak bertanggung jawab. Yang paling penting, hasil keuntungan yang akan Anda dapatkan benar-benar halal karena perusahaan reksadana syariah akan menggunakan prinsip hukum Islam sehingga jauh dari riba.

Sebelum mengulas tentang investasi reksadana, ada hal yang perlu Anda ketahui tentang reksanada syariah serta prinsip-prinsip yang diterapkan di dalamnya. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin bahwa investasi reksadana syariah adalah langkah paling tepat dalam mengembangkan keuangan Anda.

Mengenal Lebih Jauh tentang Investasi Reksadana Syariah

 Investasi Reksadana Syariah
Investasi Reksadana Syariah

Seperti namanya, reksadana syariah adalah sebuah bentuk investasi reksadana yang dikelola dengan prinsip syariah dalam Islam. Lantas apa saja prinsip syariah yang dimaksud serta bagaimana cara masyarakan menggunakan reksadana syariah sebagai alternatif investasi untuk masa depan?

Setidaknya terdapat 3 ciri utama dari reksadana syariah yang tentu berbeda dengan investasi reksadana konvensional pada umumnya. Ciri tersebut adalah reksadana syariah hanya melakukan investasi dalam DES (Daftar Efek Syariah), memiliki proses Cleansing, dan memiliki DPS (Dewan Pengawas Syariah).

1. Daftar Efek Syariah

Merupakan daftar perusahaan yang selalu dikeluarkan secara berkala oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia) dalam waktu 6 bulan. Dalam daftar tersebut, isinya adalah perusahaan-perusahaan obligasi dan saham yang menerapkan prinsip-prinsip syariah. DES inilah yang menjadi acuan manajer investasi untuk melakukan pengelolaan modal reksadana syariah.

2. Proses Cleansing

Ini adalah sebuah proses dimana perusahaan reksadana syariah akan membersihkan dan mengelola kembali keuntungan yang tak memenuhi kaidah-kaidah dalam prinsip syariah. Hal ini karena dalam perusahaan reksadana syariah, masuknya keuntungan atau pendapatan yang sifatnya non-halal juga menjadi hal yang tak dapat dihindari. Dengan kata lain, melalui proses cleansing inilah keuntungan dengan kaidah syariah akan diberikan kepada investor. Jadi investor akan mendapatkan keuntungan yang benar-benar halal saja. Biasanya, dana cleansing akan disumbahkan oleh perusahaan reksadana syariah dalam bentuk amal.

4. Dewan Pengawas Syariah

Seperti namanya, Dewas Pengawas Syariah merupakan orang-orang dengan otoritas tertinggi sebuah perusahaan dalam mengawasi pemenuhan konsep dan prinsip syariah selama pengelolaan dana reksadana syariah. Di sinilah pihak-pihak yang ahli tentang hukum Islam serta pasar modal berkumpul dan memberikan kendali.

Itulah beberapa hal yang tentunya perlu diketahui investasi reksadana syariah. Nah, sekarang saatnya mengulas tentang tips yang perlu diperhatikan dalam melakukan investasi reksadana syariah untuk pemula.

Tips Berinvestasi Reksadana Syariah untuk Pemula

investasi reksadana
investasi reksadana

Sebagai pemula dalam kegiatan investasi reksadana, tentu saja Anda membutuhkan beberapa tips yang nantinya dapat bermanfaat serta memberikan keuntungan untuk Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memperhatikan beberapa tips dalam menjalankan investasi reksadana seperti berikut ini:

1. Pilih Investasi Reksadana Syariah yang Cocok

Tips pertama adalah memilih investasi reksadana yang benar-benar cocok untuk Anda. Bagaimana maksudnya? Jadi seperti ini. Seperti yang kita tahu bahwa setiap perusahaan reksadana syariah menerapkan sistem di mana terdapat minimal investasi yang harus diberikan pada perusahaan tersebut.

Bagi Anda yang masih pemula, tak usah malu dan ragu untuk berinvestasi reksadana syariah dengan nominal yang paling rendah terlebih dahulu. Carilah perusahaan reksadana syariah yang dapat menerima nominal investasi rendah. Hal ini karena semakin rendah nilai investasi yang Anda berikan, maka akan semakin rendah pula risikonya. Dengan kata lain meskipun nantinya perusahaan reksadana syariah tersebut mengalami kebangkrutan, Anda tak kehilangan banyak uang sekaligus.

2. Memastikan Pengelolaan Keuangan Berpegang pada Prinsip Syariah

Adapun tips yang kedua adalah memastikan bahwa perusahaan reksadana syariah yang akan Anda ikuti benar-benar berpegang pada prinsip syariah. Hal ini dapat Anda cari melalui review dari orang-orang yang telah bergabung dengan perusahaan investasi tersebut. Pastikan bahwa perusahaan reksadana syariah ini menggunakan 3 ciri seperti yang telah dijelaskan di atas yakni terdapat dalam DES, melakukan proses cleansing, dan memiliki DPS.

Dengan begitu, maka Anda tak perlu lagi takut keuntungan dari hasil investasi Anda tercampur dengan pendapatan yang kurang halal. Sebagai informasi, saat ini sebagian besar perusahaan reksadana syariah telah menerapkan sistem-sistem syariah sehingga sangat jarang ditemui perusahaan reksadana syariah yang masuk dalam perusahaan investasi bodong.

3. Pilih Investasi Reksadana yang Dapat Dicairkan Kapan Saja

Tips ketiga ini sepertinya harus benar-benar menjadi bahan pertimbangan Anda dalam mencari investasi reksadana syariah untuk pemula. Sebenarnya hal inilah yang sangat membedakan antara reksadana syariah dengan deposito bagi hasil.

Pada reksadana syariah, sebagian besar perusahaan telah memperbolehkan uang investasi dari nasabah atau investor diambil sewaktu-waktu. Hal ini karena memperhitungkan bahwa kebutuhan setiap investor berbeda-beda. Ini akan sangat menguntungkan apabila Anda membutuhkan dana dadakan. Sedangkan untuk deposito bagi hasil, biasanya baru dapat diambil dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun. Meski demikian, dalam investasi reksadana syariah, setidaknya Anda harus membiarkan perusahaan mengelola uang Anda dalam jangka waktu 2 hingga 3 tahun sebelum benar-benar dapat diambil kembali.

4. Tidak Dipotong Pajak

Tips terakhir adalah dengan bergabung pada perusahaan investasi reksadana syariah yang akan menjadikan modal yang Anda setorkan sebagai dana bebas pajak. Dengan kata lain, semua keuntungan yang didapatkan benar-benar bersih dan bukan objek pajak. Ya, meskipun untuk mencari perusahaan reksadana syariah yang bukan objek pajak bukanlah hal yang mudah karena biasanya semua pendapatan secara otomatis akan terpotong pajak. Jadi apabila Anda taat pajak, tak perlu terlalu mempertimbangkan tips yang satu ini.

Keunggulan Investasi Reksadana Syariah

keunggulan Investasi Reksadana Syariah
keunggulan Investasi Reksadana Syariah

Dalam investasi reksadana syariah, ada beberapa keunggulan yang dapat Anda peroleh. Hal ini sebagai pertimbangan bahwa investasi reksadana syariah untuk pemula ini benar-benar cocok untuk Anda. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Investasi Reksadana Aman

Seperti halnya reksadana konvensional, reksadana syariah pun menggunakan bank kustodian. Dengan kata lain, maka dana yang telah Anda investasikan akan aman dari risiko penyalahgunaan dana serta risiko pencurian. Tak hanya itu saja, reksadana syariah pun menggunakan kontrak investasi kolektif sehingga apabila perusahaan reksadana syariah bangkrut, maka dana para investor masih disimpan dalam bank kustodian.

2. Investasi Reksadana Mudah

Cara berinvestasi reksadana syariah pun tergolong sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Anda dapat membeli langsung saham reksadana langsung kepada Manajer Investasi atau dari APERD (Agen Penjual Reksa Dana) yang resmi. Seiring dengan berkembangnya program reksadana, maka saat ini pembelian minimal reksadana adalah sebesar Rp 100.000 saja.

Adapun syarat menjadi investor dalam perusahana reksadana syariah adalah cukup membawa KTP yang masih berkalu dan tabungan atas nama Anda sendiri. Namun apabila calon investor belum memiliki KTP, maka dapat menggunakan buku tabungan orang tua.

3. Investasi Reksadana Menguntungkan

Keuntungan menjadi hal yang sangat dipertimbangkan dalam kegiatan investasi reksadana syariah. Dengan perencanaan investasi matang dan dapat dilakukan dalam jangka panjang, biasanya perusahaan reksadana syariah juga akan membantu investor dalam mencapai tujuan keuangan seperti menyekolahkan anak, memenuhi biaya untuk haji, membayar DP rumah, hingga mempersiapkan dana pensiun.

Meskipun investasi pada reksadana syariah tak ada jaminan keuntungan setiap saat, namun dengan berinvestasi pada perusahaan reksadana syariah dengan manajemen keuangan yang baik, maka kemungkinan pemenuhan tujuan-tujuan keuangan Anda pun akan semakin besar.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang investasi reksadana syariah untuk pemula, semoga bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

cara investasi reksadana syariah bagi pemula -investasi reksadana syariah untuk pemula -cara investasi reksadana syariah -keuntungan reksadana syariah -investasi syariah untuk pemula -Buat Pemula Ini Panduan Investasi reksadana dari Ahlinya -reksadana syariah pemula -cara investasi reksadana syariah pemula -Daftar reksadana syariah terbaik bagi pemula -inbentasi syariah pemula -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *