4 Cara Investasi Properti Modal Kecil yang Mendatangkan Keuntungan Besar

Bagi Anda yang ingin berinvestasi namun tak memiliki banyak modal, tentu saja ulasan tentang cara investasi properti modal kecil yang akan diulas pada kesempatan kali ini akan sangat membantu. Seperti yang kita tahu, ketika membicarakan tentang investasi properti, keuntungan yang didapatkan tidak main-main. Begitu Anda menemukan cara dan langkah yang tepat dalam menjalankan bisnis ini, maka dijamin uang akan mengalir ke kantong Anda.

Hanya saja, tak banyak orang percaya bahwa bisnis properti benar-benar dapat menjamin keuangan mereka. Pasalnya dalam menjalankan bisnis ini, dibutuhkan tekad yang kuat serta cara jitu dalam menggandeng para investor atau pembeli untuk membeli properti yang Anda tawarkan. Lantas bentuk bisnis di bidang properti seperti apa yang cocok untuk dilakukan bahkan dengan modal kecil sekalipun? Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Contoh Bisnis Properti Modal Kecil yang Sangat Menguntungkan

Bisnis Properti
Bisnis Properti

Saat hendak memulai bisnis properti, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah tentang risiko dari bisnis tersebut. Pasalnya tak sedikit juga pelaku bisnis properti yang rela berhutang demi mendapatkan modal awal yang besar. Jika langkah ini berhasil, tentunya bukan menjadi masalah bagi kegiatan bisnis Anda. Sebaliknya, apabila langkah tersebut gagal, maka selain mendapatkan kerugian, Anda pun harus membayar hutang atas modal yang Anda dapatkan.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila Anda menjalankan bisnis properti yang bebas hutang. Dalam arti Anda tak perlu lagi berhutang demi mendapatkan modal untuk bisnis tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Menjadi Makelar Properti

Menjadi Makelar Properti
Menjadi Makelar Properti

Cara investasi properti modal kecil pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjadi seorang makelar properti. Anda harus menanamkan pikiran bahwa bisnis properti tak melulu tentang membeli properti kemudian menjualnya kembali. Dengan menjadi agen makelar properti, Anda pun dapat melakukan investasi dalam bidang properti.

Sistem dari bisnis ini pun cukup sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari properti di sekitar tempat tinggal Anda yang dapat dijual. Paling penting, properti tersebut belum diiklankan. Cara yang satu ini menuntut Anda untuk aktif serta teliti melihat berbagai macam properti yang memiliki nilai jual.

Misalnya Anda menemukan sebuah properti berupa rumah kosong yang memiliki nilai jual. Carilah pihak yang memiliki rumah tersebut dan tawarkan diri Anda sebagai makelar atau orang yang menjadi perantara dalam penjualan rumah tersebut. Jika pemilik menyetujui tawaran Anda tersebut, maka iklankan rumah itu atas nama Anda dan mulai pasarkan agar ada pembeli yang tertarik. Anda pun dapat melakukan pengiklanan berbentuk banner, iklan internet, iklan koran, dan media iklan lainnya.

Penting diingat, ketika menjual rumah tersebut, Anda harus mematok harga yang lebih tinggi dari harga yang diminta oleh pemilik rumah. Dengan kata lain, keuntungan yang Anda peroleh pun sesuai dengan total nilai yang Anda berikan saat menjual rumah tersebut. Di samping itu, biasanya pemilik rumah juga akan memberikan komisi dari nilai penjualan tersebut. Adapun nilai umum dari komisi tersebut adalah sebesar 2,5%. Sangat menarik, kan? Misalnya nilai rumah tersebut adalah 500 juta rupiah. Maka komisi Anda adalah senilai 12,5 juta. Lumakan, kan?

Menjadi Seorang Agen Properti

Agen Properti
Agen Properti

Cara investasi properti modal kecil yang selanjutnya adalah dengan menjadi seorang agen properti. Apabila pada cara sebelumnya Anda tidak memiliki investasi berupa properti, maka pada cara yang satu ini, Anda dapat bergabung menjadi agen properti di kantor-kantor bisnis dan properti yang ada di Indonesia.

Keuntungan dari cara ini adalah Anda dapat memperoleh banyak ilmu serta pengalaman dalam menjadi seorang agen properti yang profesional. Tak hanya itu saja, Anda pun dapat memperoleh banyak link terkait dengan properti yang dapat dijual. Selain itu, Anda juga akan memperoleh komisi dengan jumlah tertentu dari keuntungan kantor di mana Anda bekerja sebagai agen properti dari setiap penjualan properti.

Menjalankan Bisnis Homestay

Bisnis Homestay
Bisnis Homestay

Cara yang berikutnya yakni melakukan bisnis homestay. Untuk cara yang satu ini, Anda dapat berinvestasi dengan membeli sebuah rumah atau membangunnya dari awal. Setelah itu, jadikan investasi properti rumah tersebut sebagai homestay, rumah kontrakan, atau bahkan kos-kosan. Bisnis ini memang dapat dikatakan membutuhkan modal yang tidak sedikit, terutama bagi Anda yang tak memiliki lahan untuk membangun homestay. Namun Anda tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak sekali pihak bank yang dapat memberikan pinjaman dengan modal kecil bagi mereka yang ingin mendirikan sebuah homestay.

Apabila modal utama yang dibutuhkan dalam membangun bisnis ini terlalu besar bagi Anda, maka ada solusi lain yang dapat dilakukan. Anda hanya perlu menyewa sebuah rumah yang tidak terawat atau tidak terpakai. Setelah itu, lakukan sedikit renovasi pada rumah tersebut hingga menjadi sebuah tempat tinggal layak huni dan tentunya harus bersih agar dapat menarik perhatian siapa saja yang ingin bertempat tinggal di sana.

Untuk menjalankan bisnis investasi properti yang satu ini, Anda juga harus mempertimbangkan tentang kawasan dari rumah tersebut. Carilah tempat yang mudah dijangkau dan ramai seperti di area kampus, kawasan industri, dan kantor-kantor. Dengan begitu, maka peluang Anda dalam mendapatkan pelanggan pun akan semakin besar.

Menjalin Kerja sama untuk Berinvestasi di Bidang Properti

Adapun cara yang selanjutnya adalah dengan menjalin kerja sama dengan orang lain yang juga berminat dalam menjalankan bisnis properti. Anda dapat melakukan kerja sama dengan teman, rekan kerja, atau orang lain yang benar-benar Anda kenal. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak ada kecurangan bahkan kecurigaan satu sama lain selama menjalankan bisnis tersebut.

Bisnis investasi properti
Bisnis investasi properti

Jadi carilah orang-orang terpercaya dan jelaskan pada mereka tentang keuntungan dari menjalankan bisnis properti. Anda dapat mencari sekitar 2 hingga 4 orang yang memiliki komitmen tinggi. Sebenarnya semakin banyak orang yang dapat diajak kerja sama dalam memberikan suntikan modal akan semakin baik. Hanya saja, semakin banyak orang berarti semakin besar pula terjadinya risiko kecurangan karena karakter masing-masing orang berbeda-beda.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah tentang jenis investasi properti seperti apa yang layak dijalankan. Pastikan memilih jenis investasi yang tak mudah rusak dimakan oleh usia seperti bangunan, perumahan, ataupun lahan kosong yang siap dibangun. Jenis investasi tersebut dijamin tidak akan mudah rusak oleh waktu. Selain itu, semakin lama investasi properti tersebut berjalan, maka nilai jualnya pun juga akan semakin tinggi sehingga keuntungan yang Anda peroleh dapat berlipat ganda.

Setidaknya itulah beberapa cara melakukan investasi properti dengan modal kecil yang dapat Anda lakukan. Dengan mengetahui cara di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa tak selamanya menjalankan bisnis properti membutuhkan modal besar. Bahkan dengan modal kecil pun Anda tetap dapat menjalankan jenis investasi ini dan mendapatkan keuntungan yang besar. Semoga ulasan singkat tentang cara investasi properti modal kecil ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

pinjaman untuk membangun kontrakan bank syari\ah -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *