4 Cara Berinvestasi bagi Ibu Rumah Tangga yang Terbukti Sangat Efektif

Sebagai seorang ibu rumah tangga, mengetahui cara berinvestasi bagi ibu rumah tangga dapat menjadi solusi terbaik dalam memperoleh penghasilan. Hal ini karena ibu rumah tangga dituntut untuk menjadi seorang yang mumpuni di setiap bidang, mulai dari merawat anak hingga mengurusi masalah keuangan keluarga. Apabila diibaratkan, ibu rumah tangga itu seperti halnya seorang menteri menteri keuangan keluarga yang mampu menemukan jalan keluar untuk setiap permasalahan keuangan keluarga. Adapun salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh setiap ibu rumah tangga adalah tentang bagaimana cara mereka memperbanyak kekayaan dengan investasi.

Pertanyaannya, dengan berbagai kesibukan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga, apakah mungkin jika mereka melakukan investasi? Jawabannya adalah sangat mungkin. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara berinvestasi bagi ibu rumah tangga yang harus Anda ketahui.

Cara Tepat Investasi bagi Seorang Ibu Rumah Tangga

Sebelum mengulas tentang cara investasi tepat bagi ibu rumah tangga, ada baiknya apabila Anda mengetahui sedikit pengertian dari investasi itu sendiri. Investasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi dan keuangan dan berkaitan dengan bentuk aktiva dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Dalam hal ini, investasi juga dapat diartikan sebagai upaya penanaman modal.

Setelah mengetahui pengertian dari investasi, berikut adalah bentuk-bentuk investasi yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga:

1. Investasi Reksa Dana

investasi reksadana
investasi reksadana

Pilihan investasi yang sangat tepat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah investasi reksa dana. Hal ini karena investasi reksa dana dapat tetap berjalan secara semi otomatis. Maksudnya, kumpulan dana yang diperoleh dari investor akan dikelola oleh Manager Investasi dalam portofolio, yang di dalamnya terdiri dari gabungan-gabungan antara saham, obligasi, deposito, dan lain sebagainya.

Dengan adanya pengelolaan dana investasi oleh Manager Investasi, maka investor tak perlu lagi repot dalam memantau pergerakan pasar. Semua hal tersebut akan menjadi tugas dari Manager Investasi dalam memilih serta memilah saham perusahaan mana yang harus dibeli dan tidak.

Bagi ibu rumah tangga yang ingin melakukan investasi berbentuk reksa dana, maka dapat membelinya di perusahaan sekuritas ataupun secara online. Seperti halnya jenis investasi lainnya, reksa dana pun memiliki keuntungan dan kelebihan yang harus dipertimbangkan.

  • Keuntungannya adalah setiap orang memiliki kesempatan untuk berinvestasi meskipun minim pengetahuan tentang reksa dana. Selain itu, biaya investasi yang diperlukan terbilang cukup rendah. Hanya dengan uang sebesar Rp 100.000 saja, Anda dapat langsung melakukan pembelian reksa dana.
  • kekurangannya adalah terdapat biaya yang cukup tinggi dalam kegiatan investasi. Di samping itu, setiap investor memiliki risiko dalam kehilangan investasinya melihat dari pergerakan pasar modal.

2. Investasi Emas

Investasi Emas
Investasi Emas

Cara berinvestasi bagi ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan investasi emas. Seperti yang kita tahu, emas merupakan logam mulia yang kerap kali dijadikan pilihan tepat untuk investasi, khususnya bagi ibu rumah tangga. Namun perlu diperhatikan bahwa dalam investasi emas, sebaiknya Anda memilih investasi emas batangan, bukan perhiasan. Hal ini karena emas batangan memiliki nilai juga yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan.

Seperti halnya investasi reksa dana, bentuk investasi emas juga tak membutuhkan keahlian khusus. Pasalnya, investor hanya perlu membeli emas kemudian menyimpannya. Ketika nilai jual emas mengalami kenaikan, maka emas simpanan tersebut dapat dijual kembali.

  • Keuntungan dari investasi emas batangan adalah likuiditas tinggi serta mudah diperoleh. Selain itu, investasi emas merupakan jenis investasi yang kebal terhadap inflasi. Dengan kata lain, meskipun sebuah negara mengalami inflasi atau penurunan nilai tukar uang, harga emas tidak akan begitu terpengaruh karena mengikuti harga emas dunia.
  • Kekurangan dari investasi emas yakni sulitnya mencari tempat penyimpanan yang benar-benar aman. Selain itu, emas hanya cocok dijadikan sebagai bentuk investasi jangka panjang agar benar-benar memberikan hasil maksimal. Semakin lama emas disimpan, maka harga jualnya juga akan semakin tinggi melihat harga emas dunia.

Jika Anda tertarik dalam berinvestasi emas, maka cobalah untuk melakukan investasi saham pada perusahaan-perusahaan emas. Hal ini berarti Anda tidak melakukan investasi emas dalam bentuk fisik, namun dalam bentuk saham. Cara ini memang terbilang lebih efisien dan memiliki kemungkinan besar bagi pelaku investasi dalam mendapatkan keuntungan.

3. Investasi Saham

Jenis investasi yang juga harus dipertimbangkan oleh ibu rumah tangga adalah investasi dalam bentuk saham. Hal ini karena investasi berbentuk saham memiliki potensi return yang cukup tinggi. Hanya saja, dalam investasi saham, Anda harus menambah kemampuan serta pengetahuan terkait investasi saham tersebut. Setidaknya hal dasar yang harus benar-benar dikuasai adalah bagaimana cara memilih perusahaan yang sahamnya layak dibeli serta mengetahui kapan waktu tepat untuk menjual saham tersebut.

Investasi Saham
Investasi Saham

Untuk ibu rumah tangga yang tertarik dalam berinvestasi saham, pastikan juga untuk menganalisa serta memantau pergerakan saham di tengah-tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Meskipun terlihat merepotkan, namun investasi saham lebih mudah dilakukan terlebih sudah ada sistem investasi saham secara online, baik melalui komputer ataupun smartphone.

  • Keuntungan dari investasi saham adalah potensi memperoleh keuntungan terbilang cukup tinggi. Hal ini karena terdapat dua sumber penghasilan yang mampu diperoleh yakni dari capital gain dan dividen. Selain itu, investasi saham juga tak membutuhkan biaya perawatan.
  • Sedangkan kekurangan dari investasi saham adalah risiko yang terbilang cukup tinggi terlebih bagi mereka yang belum menguasai tentang jenis investasi yang satu ini. Di samping itu, investasi saham memiliki harga yang fluktuatif.

4. Investasi Properti

Investasi Property
Investasi Property

Di antara jenis investasi di atas, mungkin investasi properti lebih digemari oleh wanita. Hal ini karena selain memberikan kebanggaan, investasi properti dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Tak hanya itu saja, investasi bentuk properti juga tak membutuhkan pemahaman mendalam. Hanya saja, ketika memutuskan untuk menjalankan jenis investasi yang satu ini, Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar.

Adapun bentuk dari investasi properti yang dapat Anda coba lakukan adalah investasi tanah kosong, bangunan, rumah kost/sewa, ruko, unit perkantoran, apartemen, dan sebagainya. Inti dari kegiatan investasi ini adalah investor membeli salah satu bentuk investasi di atas kemudian memanfaatkannya, baik dengan cara sewa atau menjualnya langsung.

  • Keuntungan investasi properti adalah harga yang semakin tinggi dengan jangka waktu panjang. Selain itu, harga dari investasi properti yang terbilang cukup stabil.
  • Kekurangannya, investor dapat mengalami risiko likuiditas rendah karena harus mencari pembeli. Bentuk investasi yang satu ini juga tidak cocok digunakan dalam jangka pendek dan butuh modal lebih untuk perawatan dari risiko kerusakan.

Memilih Jenis Investasi Melihat dari Jangka Waktunya

Jenis Investasi
Jenis Investasi

Setelah mengetahui beberapa cara berinvestasi bagi ibu rumah tangga, kini saatnya mengulas tentang jenis investasi terbaik yang dapat dilakukan apabila melihat jangka waktu investasi tersebut.

  • Pertama, apabila Anda memiliki perencanaan untuk berinvestasi jangka pendek, maka pilihlah jenis investasi yang risikonya kecil seperti reksa dana dan saham. Adapun jangka pendek dalam kegiatan investasi yang dimaksud adalah di bawah satu tahun.
  • Kedua, jika berinvestasi dalam jangka menengah, sekitar 2 hingga 5 tahun, pilihlah investasi yang mampu memberikan keuntungan tinggi seperti investasi properti. Hal ini karena nilai jual barang-barang properti tergantung dari bagaimana Anda memasarkannya.
  • Ketiga, apabila Anda ingin berinvestasi jangka panjang, yakni di atas 5 tahun, investasi logam mulia emas batangan dapat menjadi alternatif terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Demikian beberapa tips dan cara berinvestasi bagi ibu rumah tangga yang harus Anda pahami, semoga bermanfaat.

Artikel Investasi Syariah ini dikenal, sbb :

tips investasi untuk ibu rumah tangga -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *