3 Investasi yang Bisa Dikredit Paling Menggiurkan

Investasi yang bisa dikredit – Banyak masyarakat yang saat ini mulai melirik investasi dikarenakan hasil yang sudah bisa dipastikan. Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih dimana untuk bisa mendapatkan investasi yang pas harus disesuaikan dengan kebutuhan hal itu dikarenakan kebutuhan investasi satu orang dengan orang lainnya ini berbeda. Modal yang dikeluarkan untuk bisa memulai investasi ini pun beragam ada yang rendah namun ada juga yang mahal, dan menariknya lagi kini ada jenis investasi yang bisa di kredit. Dengan angsuran kredit ini modal yang dikeluarkan untuk mengikuti investasi tersebut tidak terlalu banyak. Hal ini akan menjadi keuntungan bagi Anda yang melirik investasi untuk memperbaiki finansial dimana tidak langsung mengeluarkan modal yang besar. Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang bisa dikredit dimana menarik untuk diikuti:

Emas

Emas

Jika Anda sedang mencari investasi yang bisa dikredit maka emas ini menjadi salah satunya. Siapa yang tidak suka dengan logam mulia satu ini?, tentu setiap orang sangat menyukai kilau emas. Tidak hanya wanita saja, namun pria juga suka dengan emas. Sudah banyak orang yang melakukan investasi emas dengan cara di kredit ini yang mana lebih ringan karena tidak harus mengeluarkan modal dalam jumlah yang besar sekaligus. Bagi yang ingin melakukan kredit emas, berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa Anda pilih untuk melakukannya:

  1. Pegadaian

Tempat pertama yang bisa Anda pilih untuk melakukan kredit emas adalah pegadaian. Pegadaian saat ini sudah memiliki banyak layanan yang bisa dimanfaatkan. Tidak hanya untuk menggadaikan barang saja namun juga untuk investasi. Emas yang ditawarkan oleh pegadaian adalah emas mulia batangan. Jenis kredit untuk pembiayaan emas batangan ini ada tiga macam adalah individu atau perorangan, secara kelompok atau kolektif, dan juga bisa arisan. Setiap jenis pembiayaan kredit emas ini memiliki aturan atau peraturannya masing-masing.  Untuk pembiayaan jenis individu, kolektif maupun arisan ini jangka waktunya minimal 6 bulan sampai dengan 36 bulan dimana untuk kolektif minimal 6 orang sedangkan yang arisan minimal 6 orang maksimal 36 orang. Uang muka yang harus disetorkan untuk individu minimal 15% dari total harga emas, kolektif minimal 10%, dan yang arisan bisa memilih mau memberikan uang muka 10% atau 15%.

Logam mulia emas yang di kredit di pegadaian ini akan bisa diambil setelah kreditnya lunas, sedangkan jika pembiayaannya kolektif logam mulia akan diberikan jika masing-masing anggota tersebut sudah lunas, sedangkan untuk arisan logam mulia akan diberikan per bulan dimana jika uang mukanya 10% diberikan setelah angsuran ke-2, jika uang mukanya 15% logam mulia akan diberikan setelah angsuran ke-1. Untuk mengikuti kredit emas ini Anda harus menanggung biaya administrasi 50 ribu.

  1. Bank syariah

Untuk bisa melakukan investasi kredit emas ini Anda juga bisa melakukannya di bank syariah. Pendanaan yang dilakukan oleh bank syariah ini mirip dengan pegadaian. Untuk bisa melakukan kredit emas di bank syariah ini Anda bisa memilih bank syariah yang sudah terpercaya dalam memberikan kredit emas. Selain itu pahami juga syarat-syarat yang diberlakukan bank syariah untuk bisa melakukan kredit ini. Syarat yang harus dipenuhi bagi yang akan melakukan kredit adalah Warga Negara Indonesia, memiliki KTP dan menunjukkan yang asli dan salinannya, umur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun, untuk pensiunan umur maksimal 70 tahun saat pembiayaan kredit jatuh tempo, khusus wiraswasta usia maksimalnya adalah 60 tahun. Membayar uang muka minimal 20% dari harga emas yang akan di kredit dimana uang muka ini tidak bisa dibayar dengan cara mencicil.

  1. Marketplace

Kecanggihan internet dan teknologi saat ini membuat kredit emas bisa dilakukan dengan mudah. Kini kredit emas bisa dilakukan melalui website e-commerce maupun marketplace yang mana menawarkan kredit emas dengan mudah. Untuk bisa melakukan kredit emas di marketplace atau situs e-commerce ini Anda harus selektif, sebab bisa saja bunga cicilannya adalah 0% namun ada biaya transaksi yang harus Anda tanggung di dalamnya. Oleh sebab itu sikap cermat sangat penting di sini.

Properti

Bisnis property

Investasi yang bisa dikredit selanjutnya adalah properti seperti tanah, apartemen, rumah, dan lain sebagainya. Untuk apartemen Anda bisa mengajukan KPA atau Kredit Kepemilikan Apartemen. Sama halnya dengan KPR, KPA ini bisa diajukan ke pihak bank. Saat ini hampir semua bank swasta sudah bisa melayani KPA ini. Apartemen merupakan salah satu investasi yang menguntungkan karena di saat harga hunian horizontal semakin mahal, apartemen ini menjadi salah satu solusi bagi yang membutuhkan hunian dengan harga yang terjangkau.

Anda juga bisa berinvestasi tanah dengan sistem kredit. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika saat ini tanah pun bisa dibeli dengan cara kredit. Sudah ada beberapa bank yang memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk membeli tanah secara kredit.  Produk layanan yang diberikan oleh bank adalah Kredit Pembelian Tanah atau KPT. Sayangnya pendanaan yang bisa dilakukan oleh bank baru tanah kavling saja. Tanah kavling ini merupakan beberapa bidang tanah yang sengaja dilakukan pemecahan sertifikatnya bisa dari sertifikat gabungan atau satu buah sertifikat induk biasa. Syarat yang harus dipenuhi bagi yang ingin mengajukan KPT ini adalah Warga Negara Indonesia, memiliki penghasilan tetap dengan masa kerja minimal 2 taun, usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Selain itu harus ada dokumen penunjang yang dipersiapkan baik dari pihak yang akan melakukan kredit tanah atau si penjual tanah kavling tersebut.

Reksadana

Reksadana
Reksadana

Investasi terakhir yang bisa dengan kredit atau hutang adalah reksadana. Banyak yang belum tahu bagaimana triknya melakukan investasi reksadana dengan kredit atau hutang. Sudah bukan menjadi hal yang asing menggunakan hutang untuk mencukupi aspek bisnis maupun investasi. Investasi reksadana ini memiliki risiko yang rendah dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya sehingga dengan modal hutang investasi ini tetap akan menguntungkan dan menggiurkan. Memang untuk membeli reksadana ini secara cash, namun modal yang digunakan untuk membeli reksadana bisa dengan cara kredit.

Cara membeli reksadana dengan hutang ini adalah Anda bisa mengajukan KTA di bank yang memiliki bunga terendah. Misalnya saja Anda meminjam uang di bank 10 juta untuk membeli reksadana dengan bunga sebesar 18,5% per tahun. Maka setiap bulannya Anda harus melakukan pencicilan sebesar 987 ribu. Masih ada lagi biaya tambahan yang harus ditanggung sehingga dibulatkan costnya sebesar 20%. Anda harus mencari reksadana yang mana bisa yang bisa memberikan nilai return lebih besar dibandingkan dengan cost KTA dan juga fee untuk membeli reksadana tersebut. Anggap saja fee untuk membeli reksadana sebesar 2% sehingga jika di total adalah 22%. Anda harus mencari reksadana dengan nilai Aktiva Bersih atau NAB lebih dari 22% per tahunnya. Jenis reksadana yang memiliki NAB tinggi adalah pasar saham. Supaya untung Anda bisa membeli saat NAB rendah atau turun sehingga keuntungan bisa Anda dapatkan.

Demikianlah beberapa jenis investasi yang bisa dikredit, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *