10 Produk Reksadana Campuran Terbaik, Solusi Lesunya Pasar Saham dan Obligasi

Reksadana Campuran Terbaik – Secara spesifik reksadana campuran adalah investasi reksadana dimana didalamnya terdapat kebijakan sistem berinvestasi bagi nasabah sebesar 1 persen hingga 79 persen, baik pada saham, surat obligasi maupun pasar uang. Tahun ini tak kurang dari 130 reksadana campuran yang bisa dipilih di Indonesia.

Reksadana campuran memiliki kebijakan investasi yang fleksibel. Oleh sebab itu tidak semua reksadana campuran mempunyai kebijakan pada saham dan obligasi. Ada juga reksadana campuran yang kebijakannya mirip dengan reksadana saham ataupun reksadana pendapatan tetap sebab porsi saham maupun obligasinya relatif lebih besar.

Faktor Risiko Reksadana Campuran

Tak hanya reksadana saham atau reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran bisa dibilang memiliki instrument investasi positif karena menawarkan return yang lumayan tinggi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, reksadana campuran menempatkan dana dari investor di bursa saham dan obligasi, termasuk sebagian kecilnya dialokasikan ke pasar uang. Lalu bagaimana dengan risiko reksadana campuran ini?

Reksadana Campuran
Reksadana Campuran

Terkait faktor risiko, investasi reksadana campuran bisa dikatakan memiliki risiko level menengah. Dengan kata lain risikonya lebih rendah dibanding reksadana saham, namun satu level lebih tinggi dari reksadana pendapatan tetap.

Secara umum reksadana campuran cenderung cocok bagi investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari pasar saham, namun juga tidak ingin kehilangan momentum di pasar obligasi. Keunggulannya, reksadana ini mampu meredam potensi kerugian yang diderita investor akibat pasar saham yang lesu.

Satu contoh, ketika pasar saham melemah biasanya manajer investasi akan mengalihkan dana investor ke pasar uang ataupun obligasi yang kondisinya relatif lebih stabil. Begitu juga sebaliknya, jika pasar uang atau obligasi sedang lesu maka dana akan dialihkan ke pasar saham. Lalu dimana bisa membeli reksadana campuran?

Rekomendasi 10 Reksadana Campuran Terbaik

Performa reksadana campuran beberapa bulan terakhir terbilang lesu. Ini terlihat dari rata-rata return yang tercatat pada Infovesta Balanced Fund Index yang tak jarang minus hingga 3,7 persen. Mengacu dari data tersebut, kinerja negatif reksadana campuran terjadi seiring pergerakan pasar saham domestik.

Meski demikian masih banyak produk reksadana campuran yang sukses mencatatkan return positif. Jika Anda berminat melakukan investasi reksadana campuran, berikut ini rekomendasi produk reksadana campuran terbaik pada kuartal pertama 2018. Silakan simak rincian dan data-datanya sebelum Anda menjatuhkan pada salah satu atau beberapa pilihan.

  1. Simas Syariah Berkembang
Simas Syariah Berkembang
Simas Syariah Berkembang

Di urutan pertama reksadana campuran terbaik ditempati Simas Syariah Berkembang. Reksadana ini dikelola oleh manajer investasi PT Simarmas Asset Management. Simas Syariah Berkembang baru diluncurkan pada tanggal 8 Agustus 2014 dengan total dana kelola saat ini mencapai Rp 36 miliar.

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi reksadana campuran Simas Syariah Berkembang bisa membeli di kantor pusat PT Sinarmas Asset Management yang beralamat di:

Sinar Mas Land Plaza, Menara 3, Lantai 7

Jl. M.H Thamrin No. 51 Jakarta 10350

  1. Archipelago Balance Fund
Archipelago Balance Fund
Archipelago Balance Fund

Archipelago Balance Fund merupakan reksadana campuran yang dikelola manajer investasi PT Archipelago Asset Management. Reksadana yang satu ini di-launching pada tanggal 11 Januari 2013, dengan dana kelola saat ini sebesar Rp 40,1 miliar.

Jika Anda ingin bergabung dengan reksadana Archipelago Balance Fund, Anda bisa membeli langsung di kantor pusat PT Archipelago Asset Management yang beralamat di:

Sucaco Building 5th Floor

Jl. Kebon Sirih Kav. 71 Jakarta Pusat 10340

  1. TRIM Kombinasi 2
TRIM Kombinasi 2
TRIM Kombinasi 2

Reksadana campuran terbaik berikutnya ada TRIM Kombinasi 2 yang dikelola oleh manajer investasi PT Trimegah Asset Management. Perusahaan ini sudah beroperasi cukup lama, terlihat dari peluncuran TRIM Kombinasi 2 yang dilakukan pada tanggal 10 November 2006 silam. Sekarang reksadana campuran ini memiliki dana kelola sebesar Rp 29,3 miliar.

Anda bisa membeli reksadana TRIM kombinasi 2 langsung di kantor PT Trimegah Asset Management yang beralamat di:

Gedung Artha Graha Lt. 19

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190

  1. Archipelago Kadima Balance Fund
Archipelago Kadima Balance Fund
Archipelago Kadima Balance Fund

Satu lagi produk reksadana campuran dari PT Archipelago Asset Management yaitu Archipelago Kadima Balance Fund. Karena baru diluncurkan pada tanggal 9 Juni 2017 lalu, wajar jika dana kelola reksadana ini terbilang masih sedkit yakni Rp 2,8 miliar.

Jika Anda tertarik berinvestasi melalui reksadana terbaru ini, Anda bisa membeli langsung di kantor PT Archipelago Asset Management yang beralamat di:

Sucaco Building 5th Floor

Jl. Kebon Sirih Kav. 71 Jakarta Pusat 10340

  1. Simas Satu Prima

Sebelum Simas Syariah Berkembang dirilis, PT Sinarmas Asset Management sudah terlebih dulu meluncurkan reksadana campuran yang diberi nama Simas Satu Prima. Peluncurannya sendiri dilakukan pada tanggal 18 Desember 2012. Hingga saat ini Simas Satu Prima mempunyai total dana kelola mencapai Rp 104,9 miliar.

Tertarik bergabung dengan reksadana Simas Satu Prima? Anda bisa membelinya langsung di kantor PT Sinarmas Asset Management yang beralamat di:

Sinar Mas Land Plaza, Menara 3, Lantai 7

Jl. M.H Thamrin No. 51 Jakarta 10350

  1. Sucorinvest Anak Pintar

Sucorinvest Anak Pintar

Sucorinvest Anak Pintar merupakan reksadana campuran yang yang diluncurkan pada tanggal 23 Februari 2017 oleh manajer investasi PT Sucorinvest Asset Management. Meski bisa dibilang masih seumur jagung namun reksadana Sucorinvest Anak Pintar ini sudah memiliki dana kelola sebesar Rp 14,5 miliar.

Untuk mendapatkan imbal hasil dari  reksadana campuran ini Anda bisa membeli langsung di kantor PT Sucorinvest Asset Management yang beralamat di:

Equity Tower Lantai 31

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190

  1. Mega Dana kombinasi

Mega Dana kombinasi

Reksadana campuran terbaik yang satu ini dikelola oleh PT Mega Capital Investama. Mega Dana Kombinasi sendiri dirilis pada tanggal 10 Agustus 2001 dan hingga saat ini sudah memiliki dana kelola mencapai Rp 168,2 miliar.

Anda bisa membeli reksadana Mega Dana Kombinasi di kantor PT Mega Capital Investama yang beralamat di:

Menara Bank Mega Lantai 6

Jl. Kapten Tendean Kav. 12-14A Jakarta Selatan 12790

  1. Sucorinvest Flexi Fund

Sebelum diluncurkannya Sucorinvest Anak Pintar, PT Sucorinvest Asset Management ternyata telah terlebih dulu sukses dengan Sucorinvest Flexi Fund, reksadana campuran yang diluncurkan pada tanggal 6 Desember 2006. Produk reksadana ini sekarang memiliki total dana kelola Rp 289 miliar.

Anda bisa membeli produk reksadana campuran Sucorinvest Flexi Fund di kantor PT Sucorinvest Asset Management yang beralamat di:

Equity Tower Lantai 31

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190

  1. Simas Satu
Simas Satu
Simas Satu

Simas Satu merupakan reksadana campuran terbaik produk pertama dari PT Sinarmas Asset Management. Produk ini diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2001. Sekarang Simas Satu memiliki dana kelola sebesar Rp 279 miliar.

Jika berminat membeli reksadana ini Anda bisa datang langsung di kantor PT Simarmas Asset Management yang beralamat di:

Sinar Mas Land Plaza, Menara 3, Lantai 7

Jl. M.H Thamrin No. 51 Jakarta 10350

  1. Minna Padi Keraton Balanced

Produk reksadana campuran urutan terakhir ditempati Minna Padi Keraton Balanced yang dikelola oleh PT Minna Padi Asset Management. Produk reksadana ini diluncurkan pada tanggal 19 April 2006 dengan total dana kelola saat ini sebesar Rp 170,8 miliar.

Anda bisa membeli reksadana campuran terbaik ini di kantor PT Minna Padi Asset Management yang beralamat di:

Equity Tower, Lt. 25 Unit A dan B, SCBD Lot 9

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 Jakarta Selatan 12190.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *